Perbedaan Rukyatul Hilal dan Hisab Penentuan Awal Puasa Ramadhan: Apa Pengertian dan Maksud dari Keduanya?

- 21 Maret 2023, 12:53 WIB
Ilustrasi - Perbedaan rukyatul hilal dan hisab penentuan awal puasa Ramadhan, apa pengertian dan maksud dari keduanya, bagaimana kriteria menentukannya.
Ilustrasi - Perbedaan rukyatul hilal dan hisab penentuan awal puasa Ramadhan, apa pengertian dan maksud dari keduanya, bagaimana kriteria menentukannya. /PEXELS/Saeid Anvar

BERITA DIY - Simak perbedaan rukyatul hilal dan hisab penentuan awal puasa Ramadhan, apa pengertian dan maksud dari keduanya, bagaimana kriteria menentukannya.

Istilah rukyatul hilal dan hisab biasanya banyak digunakan ketika umat Islam akan menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan hingga 1 Syawal di tahun Hijriyah.

Lalu sebenarnya apa perbedaan dari rukyatul hilal dan hisab dalam penentuan awal puasa Ramadhan, apa pengertian dan maksud dari kedua istilah tersebut?

Umat islam di Indonesia biasanya akan menggunakan dua prinsip untuk menentukan awal puasa, yakni melalui rukyatul hilal dan hisab, namun keduanya sama-sama dilakukan dengan melihat bulan.

Baca Juga: Kapan Puasa Pertama 2023: Jadwal Puasa 1 Ramadhan 1444 H Menurut Muhammadiyah, NU, Pemerintah, Tanggal Berapa?

Pada artikel ini akan dijelaskan pengertian, maksud, dan perbedaan antara rukyatul hilal dan hisab. Informasi dilansir laman Mahkamah Agung RI Mahkamah Syar'iyah Aceh pada 10 Oktober 2011.

Rukyatul Hilal merupakan kriteria penentu awal bulan kalender hijriyah dengan cara merukyah atau mengamati hilal secara langsung. Cara ini sudah dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x