Puasa Ramadhan 2023 Hari Apa, Awal Puasa Libur? Cek Peraturan SKB 3 Menteri, Ini Jadwal Puasa NU Muhammadiyah

- 21 Maret 2023, 07:10 WIB
Ilustrasi, Uraian puasa Ramadhan 2023 hari apa? Awal puasa libur? Cek peraturan SKB 3 Menteri, ini jadwal puasa NU Muhammadiyah.
Ilustrasi, Uraian puasa Ramadhan 2023 hari apa? Awal puasa libur? Cek peraturan SKB 3 Menteri, ini jadwal puasa NU Muhammadiyah. /PEXELS/Thirdman

BERITA DIY- Puasa Ramadhan 2023 hari apa? Awal puasa libur berapa hari? Cek peraturan SKB 3 menteri, ini jadwal puasa NU dan Muhammadiyah.

Untuk menentukan awal puasa Ramadhan 2023 ada 2 metode yang digunakan di Indonesia, yaitu metode rukyatul hilal dan metode hisab. Rukyatul hilal dipakai oleh Nahdlatul Ulama atau NU, sedangkan metode hisab digunakan oleh Muhammadiyah.

Dengan rukyatul hilal, awal puasa Ramadhan ditentukan dengan pengamatan mata secara langsung menggunakan alat bantu seperti teropong untuk melihat kemunculan bulan sabit saat menjelang magrib atau terbenamnya matahari.

Orang yang mengamati ini telah diambil sumpah untuk memberikan keterangannya terkaitkemunculan bulan sabit sebagai tanda pergantian bulan dari Syaban menuju Ramadhan.

Baca Juga: Bagaimana Tata Cara Padusan sebelum Ramadhan 2023? Ini 3 Hal yang Perlu Dipersiapkan menjelang Puasa Ramadhan

Sedangkan dalam metode hisab, awal puasa Ramadhan ditentukan dengan perhitungan astronomi dan matematis yang disepakati dalam forum Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Metode rukyatul hilal dan hisab berpijak dari hadis riwayat Abdullah bin Umar ra, sesungguhnya Rasulullah saw berkata, ”Bilangan bulan itu ada 29 hari, dan jika kalian telah melihat hilal (rukyatul hilal), maka berpuasalah, dan bila melihat terbit kembali, maka berbukalah. Namun jika hilal tertutup dari pandangan, maka hitunglah (hisab), (H.R. Muslim).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x