Doa Ziarah Kubur Singkat Mudah Dibaca Saat ke Makam Orang Tua

- 19 Maret 2023, 14:53 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur orang tua, doa ziarah kubur singkat teks latin sesuai sunnah lengkap dengan doa setelah ziarah kubur ibu jelang Ramadhan 2023.
Ilustrasi. Bacaan doa ziarah kubur orang tua, doa ziarah kubur singkat teks latin sesuai sunnah lengkap dengan doa setelah ziarah kubur ibu jelang Ramadhan 2023. /PIXABAY/darwisalwan

BERITA DIY - Jelang Ramadhan, umat Islam mengenal tradisi berziarah ke makam orang tua. Oleh karena itu, banyak yang mencari bacaan doa ziarah kubur orang tua, doa ziarah kubur singkat teks latin sesuai sunnah lengkap dengan doa setelah ziarah kubur ibu.

Tradisi ziarah kubur atau nyekar ke makam orang tua ibu bapak atau kerabat sudah dilakukan oleh umat Islam untuk mendoakan para orang yang telah meninggal dunia.

Dengan ziarah kubur mendoakan orang yang meninggal bertujuan mereka yang telah tiada agar mendapatkan ampunan dosa dan menjadi amal jariyah bagi para orang tua.

 

Dijelaskan Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam Kitab Al-Fatawa Al-Fiqhiyah Al-Kubra, hikmah ziarah kubur orang tua sesuai sunnah adalah agar manusia ingat akan kematian.

Baca Juga: Tata Cara dan Doa Ziarah Kubur ke Orang Tua Sebelum Puasa Latin dan Artinya, Dilengkapi Bacaan Yasin 83 Ayat

Dan, ziarah kubur orang tua menjadi salah satu bukti anak berbakti setelah ibu bapaknya meninggal dunia. Meski, saat keduanya hidup belum mampu mengabdi dengan baik.

Pada mulanya, ziarah kubur dilarang oleh Nabi Muhammad SAW pasalnya saat itu banyak orang nyekar ke makam untuk meminta wangsit atau petunjuk, padahal hanya Allah SWT yang wajib dimintai oleh umatnya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah