Apa Arti Jalesveva Jayamahe? Motto TNI AL Indonesia, Benarkah Diambil dari Bahasa Sansekerta Masa Majapahit?

- 17 Maret 2023, 19:50 WIB
Ilustrasi - Arti Jalesveva Jayamahe yang menjadi motto TNI Angkatan Laut Indonesia berasal dari Majapahit.
Ilustrasi - Arti Jalesveva Jayamahe yang menjadi motto TNI Angkatan Laut Indonesia berasal dari Majapahit. /Tangkap layar tni.mil.id

BERITA DIY - Ketahui penjelasan mengenai arti Jalesveva Jayamahe yang menjadi motto TNI Angkatan Laut Indonesia berasal dari Majapahit tersaji dalam ulasan artikel berikut ini.

Tentara Republik Indonesia (TNI) terdiri dari tiga komponen yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Udara (AU), dan Angkatan Laut (AL).

Dalam mendorong dan membakar semangat, setiap komponen TNI memiliki motto atau semboyang yang berbeda-beda. Salah satunya yang ada di TNI AL adalah motto Jalesveva Jayamahe.

Lalu, apa arti motto Jalesveva Jayamahe? Simak penjelasan arti Jalesveva Jayamahe yang disebut berasal dari zaman Kerajaan Majapahit?

Baca Juga: Oh Ini Ternyata Arti Kata Rungkad yang Viral di TikTok, Berasal dari Bahasa Jawa dan Sunda

Arti Jalesveva Jayamahe

Semboyan Jalesveva Jayamahe sering kali didengungkan di setiap momentum, dalam setiap upacara resmi TNI AL, yel-yel saat berlatih, hingga tentunya tertera di lambang kesatuan penjaga kedaulatan maritim Tanah Air itu.

Seperti dikutip dari website resmi TNI AL, tnial.mil.id, semboyan Jalesveva Jayamahe merupakan doktrin TNI AL yang harus dianut oleh setiap anggota TNI AL di semua korps.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x