Niat Puasa Sunnah Senin Kamis, Lengkap dengan Tata Cara dan Keistimewaannya

- 12 Maret 2023, 16:20 WIB
Ilustrasi- Orang berniat puasa Senin Kamis, niat dan doa buka puasa sunnah Senin Kamis tulisan Arab dan latin, lengkap dengan tata cara dan keistimewaannya.
Ilustrasi- Orang berniat puasa Senin Kamis, niat dan doa buka puasa sunnah Senin Kamis tulisan Arab dan latin, lengkap dengan tata cara dan keistimewaannya. /Pixabay.com/@Mohamed_hassan
 
BERITA DIY - Simak niat puasa sunnah Senin Kamis tulisan Arab dan latin, lengkap dengan tata cara berpuasa dan keistimewaannya.
 
Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat muslim, selain mendapatkan pahala juga mengandung keistimewaan pada dua hari tersebut.
 
Sementara hukum dari puasa Senin Kamis adalah sunnah, atau bisa diartikan saat dikerjakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan juga tidak berdosa.
 

Walaupun begitu, Nabi Muhammad SAW tidak pernah meninggalkan puasa Senin Kamis, karena pada hari itu catatan amalan akan dihadapkan kepada Allah SWT dan hari di mana pintu surga dibuka.
 
 
Lantas bagaimana niat puasa sunnah Senin Kamis, berikut tersaji lengkap dengan tata cara mengerjakan puasa dan keistimewaannya.

Namun, sebelum menuju pada niat puasa Senin Kamis, alangkah baiknya untuk mengetahui keistimewaan dan tata cara pelaksanaanya terlebih dahulu.
 
Keistimewaan Puasa Senin Kamis
 
Puasa Senin Kamis menjadi salah satu puasa sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, selain dapat melatih kesabaran, juga pada hari itu catatan amalan manusia dihadapkan kepada Allah SWT.
 

 
 
Selain itu, dengan berpuasa sunnah Senin Kamis, tubuh akan mendetox atau melarutkan zat racun secara alami, hat tersebut bisa membuat tubuh semakin bugar.
 
Dilansir BERITA DIY dari laman NU Jatim, bahwa puasa Senin Kamis juga bisa diniatkan untuk menyucikan diri dan sebagai bentuk pendekatan kepada Allah SWT.
 

Dengan meniatkan dalam hati bahwa puasa Senin Kamis digunakan untuk mencari ridha Allah SWT, dan sebagai permohonan ampun taubat dari segala kesalahan.
 
Adapun tata cara pelaksanaan puasa Senin Kamis yaitu seperti layaknya puasa sunnah pada umumnya, dengan niat pada malam hari, sahur, dan juga berbuka.
 
 

Tata Cara Pelaksanaan Puasa Sunah Senin Kamis
 
1. Niat
 
Umat muslim yang ingin melaksanakan puasa sunnah Senin maupun Kamis, diharuskan untuk membaca niat pada malam ataupun pagi sebelum fajar tiba.
 
Niat Puasa Senin
 
نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى  
 
Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillahi ta‘ala. 
 

Niat Puasa Kamis
 
  نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى  
 
Nawaitu shauma yaumil khamisi lillahi Ta‘ala. 
 
 

 
2. Menahan Diri
 
Dengan berpuasa, artinya umat muslim diharuskan untuk menahan diri dari makan, minum, hawa nafsu, dan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
 
3. Tetap Melaksanakan Ibadah 
 
Umat muslim yang berpuasa juga tidak diperbolehkan hanya untuk bermalas-malasan.
 
Dengan berpuasa, umat muslim juga harus melaksanakan ibadah yang lainnya seperti sholat, sedekah, berdzikir, maupun ibadah yang lainnya.
 

Puasa sunnah tidak boleh menjadi alasan untuk tidur sepanjang hari, dan melalaikan ibadah yang lainnya.
 
 
4. Berbuka Puasa
 
Puasa Senin Kamis juga diakhiri dengan berbuka puasa pada waktu magrib. Berbuka puasa bisa dilaksanakan segera mungkin setelah waktunya tiba.
 

Umat muslim tidak dianjurkan untuk menunda berbuka puasa, jika sudah tiba waktunya.
 
Doa Berbuka Puasa
اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
 
Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamarroohimiin.
 
Demikianlah niat puasa sunnah Senin Kamis tulisan Arab dan latin, lengkap dengan tata cara dan keistimewaannya.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x