Prosa: Bunga Randa Tapak adalah Dirimu

- 29 Juli 2020, 18:41 WIB
Bunga Dandelion
Bunga Dandelion /Galih Nur Wicaksono/https://www.soco.id/post/beauty/5c4571c9a6f82000053f8a5a/manfaat-bunga-dandelion-untuk-kecantikan/

Meskipun engkau tak semerbak bunga lain, namun kesederhanaan mu memiliki sejuta makna untuk ku dan di balik kesederhanaan itu dapat membuat hatiku yang keras ini dapat tersentuh. Keberadaan mu yang kerap disepelekan bahkan dihempas oleh angin sekalipun namun bagiku engkau tetap terlihat kuat dan mampu untuk berkembang dengan mudah. Seperti dirimu saat ingin dijatuhkan, disakiti bahkan dihempaskan oleh mereka namun kamu tetaplah kuat lalu mampu untuk bangkit dan berkembang dimanapun engkau menapaki jejak langkah kaki mu.

Bunga randa tapak dikenal sebagai bunga yang rapuh dan mudah terbang dibawa angin. Namun dia bisa menjaga keutuhannya bahkan dengan keadaan terhempas angin pun dan bunga nya tersebar, bagian dari bunga nya tidak rusak. Selain itu terbang nya dapat sesuai dengan arah mata angin dan keindahan nya dapat dilihat kepada siapa pun yang melihatnya. Sama seperti mu yang sangat indah terbang di dalam kepala ku dan masih tetap utuh walau berjuta kali engkau dilukai. Maka bagiku tak akan ada satupun yang mengusik mu tatkala dirimu sedang bersama ku. Aku mempelajari mu dalam setiap jejak langkah mu dan mengamati arah hatimu kemana pun seperti bunga randa tapak ini.

Meskipun banyak yang menganggap bahwa bunga ini adalah bunga yang rapuh tapi tidak bagiku. Kita bisa melihat ketika dia lepas dan terbawa oleh angin bunga randa tapak atau dandelion ini akan terus terbang sendirian hingga pengaruh angin itu hilang. Hal itu dapat diartikan kalau bunga ini memiliki makna pemberani, bahkan sebelum terbawa angin yang kencang bunga ini tetap bertahan pada tangkai nya. Sama hal nya dengan dirimu ketika memutuskan untuk ke suatu tempat yang mana mungkin itu adalah tempat singgah yang asing namun dirimu tetap melangkah meskipun dengan kesendirian dan ketidakpastian bahkan sebelum pergi dirimu masih bertahan pada sebuah harapan yang pada akhirnya menjatuhkan mu.

Bentuknya kecil dan mudah terbawa angin memang menjadi ciri khas bunga Randa Tapak atau Dandelion, namun bunga ini tetap terbang hingga terjatuh di tempat lain. Dalam lingkungan yang baru, bunga randa tapak pun bisa tumbuh hingga menghasilkan kehidupan baru. Mudah tumbuh adalah makna optimis. Dengan apa yang terjadi padanya, terbawa angin hingga terdampar di tempat baru, bunga ini bisa tumbuh kembali dengan berani. Seperti dirimu yang terlihat kecil dan mudah terbawa dalam sebuah masalah-masalah besar namun engkau tetap terus melangkahkan kaki mu hingga engkau dapat berkembang dan tumbuh di perantauan mu. Dirimu selalu optimis terhadap apa yang terjadi padamu dengan besar harapan kebahagiaan mu dapat diraih meskipun harus melewati berbagai problematika dalam hidup mu.

Bunga Randa Tapak atau Dandelion adalah dirimu yang terbawa oleh angin namun keindahannya tak pernah habis bahkan tersentuh sekalipun. Berjuta kali dilukai tetapi tak pernah dirimu terlihat rapuh di mataku sekalipun bahkan tetap dirimu menunjukkan keindahan mu kepada ku. Dimanapun dirimu berada rasa optimis mu membuat ku berdecak kagum dengan harapan dapat tumbuh dan berkembang untuk menciptakan kebahagiaan baru walau harus melalui terpaan angin yang membawa mu.

 

Perjalanan Aksara, 26 Juli 2020

Editor: Galih Nur

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x