Penyakit Leptospirosis Adalah Apa? Ini 7 Gejala Penyakit Kencing Tikus yang Kerap Terjadi Saat Banjir

- 8 Maret 2023, 12:50 WIB
Penyakit Leptospirosis adalah apa, pengertian, cara mencegah, dan tujuh gejala penyakit kencing tikus viral yang sering terjadi saat banjir atau musim hujan.
Penyakit Leptospirosis adalah apa, pengertian, cara mencegah, dan tujuh gejala penyakit kencing tikus viral yang sering terjadi saat banjir atau musim hujan. /PIXABAY/@tiburi

BERITA DIY - Berikut informasi penyakit leptospirosis adalah apa, simak pengertian, penyebab, serta tujuh gejala penyakit kencing tikus yang viral saat ini dan kerap terjadi saat musim hujan.

Penyakit leptospirosis saat ini sedang banyak dibicarakan setelah adanya ratusan warga Jawa Timur yang terkena penyakit ini dan beberapa di antaranya meninggal dunia.

Merebaknya kasus penyakit leptospirosis di Jawa Timur membuat banyak masyarakat yang bertanya-tanya tentang cara mencegah dan bagaimana gejala penyakit ini.

Dikutip dari laman Kemenkes, penyakit leptospirosis yang sedang viral ini berasal dari bakteri kencing tikus yang dapat menular ke manusia melalui luka lecet atau selaput lendir.

Baca Juga: Berapa Kadar HB Normal Menurut WHO, Simak Penyakit Sebabkan HB Rendah dan Cara Meningkatkannya

Biasanya, bakteri pada leptospirosis ini terdapat pada genangan air sungai, selokan, hingga pada genangan air saat terjadi banjir.

Karena itulah, penyakit leptospirosis biasanya banyak terjadi di wilayah banjir atau saat musim hujan karena terdapat banyak genangan yang dapat menularkan penyakit leptospirosis.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x