Doa Amalan Malam Nisfu Syaban, Hari Ini Perbanyak Istighfar hingga Baca Yasin

- 7 Maret 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi orang beristghfar, doa dan amalan malam Nisfu Syaban, dari perbanyak istghfar hingga membaca surat Yasin, dan keutamaan pertengahan bulan Syaban.
Ilustrasi orang beristghfar, doa dan amalan malam Nisfu Syaban, dari perbanyak istghfar hingga membaca surat Yasin, dan keutamaan pertengahan bulan Syaban. /Pixabay.com/@iqbalnuril
 
BERITA DIY - Berikut doa dan amalan malam Nisfu Syaban, hari ini perbanyak istghfar hingga membaca surat Yasin, dan keutamaan pertengahan bulan Syaban.
 
Syaban merupakan salah satu bulan yang istimewa, karena pada pertengahannya atau pada tanggal ke-15 pada saat itulah Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.
 
Maka dari itu pada pertengahan bulan Syaban atau yang sering disebut dengan malam Nisfu Syaban, umat muslim disunahkan untuk memperbanyak istighfar.
 

 
Selain itu pada malam Nisfu Syaban ini juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan shaleh, karena doa yang dilantunkan tidak akan ditolak oleh Allah SWT.
 
 
Umat muslim yang masih bingung dengan amalan malam Nisfu Syaban dan doa bahasa Arab serta latin, bisa simak artikel ini sampai tuntas.

 
Nisfu Syaban adalah malam penuh kebaikan dan ampunan, karena pada waktu mulia ini Allah memandang hamba-Nya, lalu mengampuni semua orang yang beriman.
 
Pada tahun 2023 ini, malam Nisfu Syaban akan jatuh tepat pada Selasa malam Rabu Pon, 7 Maret 2023, selepas magrib.
 
Dilansir BERITA DIY dari instagram ustadzah @halimahalaydrus pada 7 Maret 2023, bahwa umat muslim sangat dianjurkan untuk perbanyak istigfar, amalan shaleh, hingga membaca surat Yasin tiga kali.

 
 
Lantas untuk keutamaan malam Nisfu Syaban yaitu malam penetepaan nasib manusia dalam Lauhul Mahfudz.
 
Pasalnya pada malam Nisfu Syaban, Allah akan menghapus catatan nasib manusia dan kembali menetapkannya.
 

 
Sehingga pada malam mustajab ini, manusia bisa meminta diampuni dosa-dosanya, diberikan rezeki yang berkah, ataupun dihujani kebahagiaan dunia dan akhirat.
 
Adapun berikut amalan malam Nisfu Syaban, lengkap dengan doa bahasa Arab dan latin yang bisa dijadikan referensi mengerjakan kebaikan pada waktu mustajab:
 
 

 
Amalan Malam Nisfu Syaban dan Doa Bahasa Arab dan Latin
 
1. Memperbanyak Istigfar
 
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي
 
Astagfirullahal'adzim
 
2. Memperbanyak Sedekah
 
Pada Syaban ini, umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan amal shaleh, salah satunya bersedekah. Karena fadilah dari bersedekah yaitu, menjauhkan diri dari bala.
 

 
3. Membaca Tahmid dan Takbir 
 
Subhanallah wal hamdulillah wa laillahaillallahu Allahu Akbar.
 
 
4. Melantunkan Shalawat Nabi
 
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 
 
Allahumma shalli 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad
 

 
5. Membaca doa Nisfu Syaban
 
اَللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَاللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِيْ عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِيْ، وَاكْتُبْنِيْ عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ
 
 
Allahumma ya dzal manni wa la yumannu alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in‘am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha'ifin.
Allahumma in kunta katabtani indaka fi ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran alayya fir rizqi, famhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubnili indaka sa‘i dan marzuqan muwaffaqan lil khairat.
 

 
 
6. Membaca Yasin 3x 
 
- Yasin Pertama
 
Yasin pertama dibaca dengan niat agar dipanjangkan umur dalam taat kepada Allah SWT.
 
- Yasin Kedua
 
Yasin kedua dibaca dengan niat agar dikaruniai rezeki dhohir dan batin yang halal dan berkah
 

 
- Yasin Ketiga
 
Yasin ketiga dibaca dengan niat agar dihadiahi kematian husnul khotimah, dan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat
 
Demikianlah doa dan amalan malam Nisfu Syaban, hari ini perbanyak istghfar hingga membaca surat Yasin, dan keutamaan pertengahan bulan Syaban.***

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x