Berapa Hari Puasa Nisfu Syaban? Ini Niat Puasa Nisfu Syaban dan Info Jatuh pada Tanggal Berapa di 2023

- 6 Maret 2023, 14:08 WIB
Ilustrasi - Berapa hari puasa nisfu Syaban, apa niat puasa nisfu Syaban dan nisfu Syaban jatuh pada tanggal berapa?
Ilustrasi - Berapa hari puasa nisfu Syaban, apa niat puasa nisfu Syaban dan nisfu Syaban jatuh pada tanggal berapa? /Pixabay.com/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Saat ini banyak yang sedang cari berapa hari puasa nisfu Syaban, apa niat puasa nisfu Syaban dan nisfu Syaban jatuh pada tanggal berapa di 2023.

Menurut kalender Hijriyah yang disusun Kementerian Agama, 1 Syaban 1444 H jatuh pada hari Rabu tanggal 22 Februari 2023.

Perlu diketahui, Syaban merupakan salah satu bulan di kalender Hijriyah. Bulan Syaban istimewa, karena setelahnya ada bulan Ramadhan.

Keistimewaan bulan Syaban ini ditandai dengan puasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW.  Diriwayatkan oleh Aisyah RA: 

Baca Juga: 1 Syaban 2023 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa Nisfu Syaban dan Keutamaannya

“Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban" (HR Bukhari dan Muslim).

Salah satu puasa sunnah yang dikenal di bulan Syaban yaitu puasa nisfu Syaban. Berapa hari puasa nisfu Syaban? Jatuh pada tanggal berapa?

Nisfu Syaban 2023 jatuh pada tanggal berapa?

Nisfu Syaban merupakan pertengahan bulan Syaban. Puasa nisfu Syaban ini tercatat dalam hadits riwayat Ibn Majah, dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far, berikut artinya:

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka sholatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah SWT turun ke langit dunia ketika matahari terbenam..."

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x