Bacaan Sholawat Nariyah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya, serta Keutamaannya

- 1 Maret 2023, 18:11 WIB
Bacaan sholawat Nariyah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, serta keutamaan membaca sholawat yang dilandasi kecintaan dan rasa sayang terhadap Rasulullah SAW.
Bacaan sholawat Nariyah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, serta keutamaan membaca sholawat yang dilandasi kecintaan dan rasa sayang terhadap Rasulullah SAW. /PEXELS/Muhammad Adil

BERITA DIY – Simak bacaan sholawat Nariyah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya, serta keutamaan membaca sholawat tersebut sebagai hadiah kepada Rasulullah SAW.

Memasuki bulan Syaban, umat Islam dianjurkan untuk menambah amalan baik dengan melakukan berbagai ibadah sunnah dengan tujuan meningkatkan iman dan ketakwaan seseorang.

Salah satu bacaan yang kerap dibaca untuk meningkatkan iman dan kadar ketakwaan seorang hamba adalah sholawat Nariyah.

Sholawat Nariyah sendiri memiliki beberapa khasiat jika dibaca secara rutin, yaitu sebagai sarana pelepas kesusahan, dikabulkan hajat seseorang, hingga mendapat syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat kelak.

Baca Juga: Tata Cara Membayar Qadha Serta Bacaan Doa Niat Puasa Ganti Ramadhan

Dikutip oleh BERITA DIY dari laman NU Jatim, sholawat Nariyah termasuk dalam sholawat ghairu ma’tsurat, yang berarti sholawat tersebut bukan disusun oleh Nabi Muhammad SAW melainkan oleh para sahabat, tabiin, dan para ulama.

Meski begitu, tentu tidak sembarang ulama bisa membuat sholawat yang banyak dikenal sehingga menjadi panutan bacaan bagi banyak umat Islam.

Diperlukan keilmuan dan ketakwaan tinggi bagi seorang ulama yang tentunya tidak bisa disamakan dengan orang biasa.

Menurut KH Abdul Aziz Masyhuri dalam buku Aneka Macam Redaksi Shalawat Muhammad dan Khasiatnya, sholawat Nariyah dinisbatkan kepada Syekh Abdul Wahab at-Tazy, ulama sufi asal Taza, Maroko.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: NU Jatim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x