Apa Itu Proporsional Tertutup? Cek Penjelasan dan Bedanya dengan Terbuka di Sistem Pemilu 2024

- 20 Februari 2023, 15:29 WIB
Ilustrasi. –  Pejelasan proporsional tertutup lengkap di sini dan bedanya dengan terbuka di sistem Pemilu 2024.
Ilustrasi. – Pejelasan proporsional tertutup lengkap di sini dan bedanya dengan terbuka di sistem Pemilu 2024. /Pixabay.com/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu proporsional tertutup? cek penjelasan lengkap di sini dan bedanya dengan terbuka di sistem Pemilu 2024.

Belakangan ini info kabar bahwa sistem pemilihan umum (pemilu) diusulkan dilakukan dengan cara proporsional tertutup pada Pemilu 2024 sedang ramai diperbincangkan.

Lantas, apa itu proporsional tertutup dan apa bedanya dengan sistem proporsional terbuka, yang kabarnya digunakan di sistem Pemilu 2024.

Melalui artikel ini akan menjelaskan apa itu proporsional tertutup dan perbedaanya dengan proporsional terbuka hingga contoh sistem Pemilu 2024 bila menggunakan sistem tersebut.

Baca Juga: Cara Pengisian Laporan Harian Kegiatan Coklit oleh Pantarlih Pemilu 2024 kepada PPS di Buku Kerja Petugas

Sistem proporsional tertutup adalah sistem pemilu di mana pemilih tidak langsung memilih calon anggota legislatif, melainkan partai politik peserta pemilu.

Sementara, sistem proporsional terbuka adalah sistem pemilu di mana pemilih bisa langsung memilih calon anggota legislatif yang diusung oleh partai politik peserta pemilu.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x