Selain Valentine Day, Tanggal 14 Februari Diperingati Sebagai Momen Apa? Simak Sejarah Pemberontakan PETA

- 14 Februari 2023, 06:25 WIB
Ilustrasi. Momen penting tanggal 14 Februari selain Valentine, simak sejarah pemberontakan PETA masa kolonial Jepang, cikal bakal TNI.
Ilustrasi. Momen penting tanggal 14 Februari selain Valentine, simak sejarah pemberontakan PETA masa kolonial Jepang, cikal bakal TNI. /PIXABAY/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Tanggal 14 Februari selain dikenal sebagai hari kasih sayang atau Valentine juga dikenang sebagai peringatan pemberontakan PETA (Pembela Tanah Air). Pemberontakan PETA juga diperingati pada 14 Februari 2023 di Indonesia.

Sebagian besar masyarakat hanya mengenal tanggal 14 Februari sebagai peringatan hari Valentine atau kasih sayang. Padahal pada tanggal yang sama, sejarah Indonesia mencatatkan momen yang penting.

Pembela Tanah Air atau PETA merupakan pasukan tentara bantuan perang yang dibentuk Jepang pada tanggal 3 Oktober 1943. PETA dimanfaatkan Jepang untuk membantu selama masa Perang Dunia.

Namun, PETA pada akhirnya menjadi cikal bakal dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Simak penjelasan peringatan pemberontakan PETA di Indonesia tanggal 14 Februari dalam artikel ini.

Baca Juga: Kata Kata Ucapan Selamat Valentine untuk Pacar Lengkap Gombalan Lucu, Romantis, Dijamin Bikin Salting

Peringatan pemberontakan PETA dikenang pada tanggal 14 Februari sesuai dengan waktu perlawanan pemuda Indonesia yang terjadi di Blitar. Pemberontakan PETA dipimpin oleh tokoh Supriyadi.

 

Penasaran dengan sejarah pemberontakan PETA yang menjadi peringatan tahunan di Indonesia pada tanggal 14 Februari 2023 selain Valentine? Penjelasan sejarah pemberontakan PETA tersaji berikut ini.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x