Cara Gunakan Aplikasi e-Coklit Pantarlih Pemilu 2024, Pemutakhiran Data Elektronik Lengkap Tutorial Buat Akun

- 11 Februari 2023, 16:10 WIB
Ilustrasi cara gunakan aplikasi e Coklit Panitia Pemutakhiran Data, Pantarlih Pemilu 2024 secara elektronik lengkap tutorial buat akun.
Ilustrasi cara gunakan aplikasi e Coklit Panitia Pemutakhiran Data, Pantarlih Pemilu 2024 secara elektronik lengkap tutorial buat akun. /UNSPLASH/@homajob
 
BERITA DIY - Tutorial buat akun dan cara gunakan aplikasi e-Coklit bagi Panitia Pemutakhiran Data, Pantarlih Pemilu 2024 tersaji dalam artikel ini. Pantarlih Pemilu 2024 diwajibkan melakukan verfikasi data pemilu secara elektronik.
 
Sebagaimana diketahui, rangkaian persiapan Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 terus dilakukan tak terkecuali dengan rekrutmen Panitia Pemutakhiran Data atau Pantarlih di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).
 
Pantarlih Pemilu 2024 telah diumumkan dan akan melangsungkan tugasnya untuk kegiatan Pemilu yang berlangsung tahun depan. Pemerintah juga telah menyediakan prasarana untuk Pemilu 2024 mendatang.
 
Pemerintah menciptakan aplikasi elektronik bernama e-Coklit yang bisa digunakan untuk Pantarlih Pemilu 2024 guna mencocokkan data pemilih. Oleh karena itu, Pantarlih Pemilu 2024 harus melakukan download aplikasi.
 
 
Aplikasi e-Coklit hanya bisa digunakan atau diakses oleh Pantarlih Pemilu 2024 dengan terlebih dahulu membuat akun dan terverifikasi sebagai petugas Pemilihan Umum.
 

 
Aplikasi E-Coklit ini didesain sedemikian rupa untuk mengakomodasi kinerja Panitia Pemutakhiran Data atau Pantarlih Pemilu 2024, dalam pencocokan dan penelitian data Pemilihan Umum mendatang.
 
Namun sampai saat ini, tidak sedikit petugas Pantarlih Pemilu 2024 yang masih belum mengetahui dan kebingungan tentang bagaimana cara pakai aplikasi E-Coklit dengan benar.
 
Oleh karena itu, simak cara gunakan aplikasi e Coklit Panitia Pemutakhiran Data, Pantarlih Pemilu 2024 secara elektronik lengkap tutorial buat akun dalam artikel berikut ini.
 
 
Karena E-Coklit merupakan aplikasi penting dalam memuat data pemilih, aplikasi ini hanya bisa diakses oleh petugas Pantarlih Pemilu 2024 yang resmi dilantik oleh PPS kelurahan setempat dan teregistrasi dengan PPK.
 
Sementara itu untuk link unduh aplikasi E-Coklit hanya dibagikan oleh petugas PPS kelurahan atau desa masing-masing.

Tutorial Buat Akun e-Coklit Pantarlih Pemilu 2024

1. Download aplikasi E-Coklit dari link yang telah dibagikan oleh petugas PPS Kelurahan

2. Buka aplikasi e-Coklit

3. Masukan e-mail dan password yang telah didaftarkan sebelumnya

4. Klik "masuk"

5. Isi alamat lengkap termasuk RT, dan RW tempat TPS masing-masing

6. Aktifkan penunjuk lokasi di ponsel

Baca Juga: Pelantikan Pantarlih Pemilu 2024 Ditunda, Ini Jadwal Baru Pantarlih Dilantik RESMI KPU dan Masa Kerja

7. Setelag muncul simbol awan, klik untuk mengunduh data

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x