Bacaan Tahlil Malam Jumat Lengkap dengan Susunan dan Doa Arwah untuk Orang yang Sudah Meninggal

- 9 Februari 2023, 18:45 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa tahlil malam jumat lengkap dengan susunan dan doa untuk arwah yang sudah meninggal.
Ilustrasi - Bacaan doa tahlil malam jumat lengkap dengan susunan dan doa untuk arwah yang sudah meninggal. /pexels/@Fasiih Fawaz

BERITA DIY - Berikut bacaan doa tahlil malam Jumat lengkap dengan susunan tahlilan dan doa arwah untuk orang yang sudah meninggal dunia.

Membaca tahlil di malam Jumat sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan. Untuk itu, berikut ini disediakan urutam membaca doa tahlil di malam Jumat.

Bagi warga muslim khususnya bagi muslim NU (Nahdlatul Ulama) membaca tahlil merupakan sebuah tradisi yang dilakukan untuk mengirim doa kepada orang yang sudah meninggal.

Melakukan tahlil dapat dilaksanakan baik untuk orang terdekat seperti orang tua, sanak saudara, atau siapapun mereka yang sudah meninggal dunia.

Baca Juga: Bacaan Doa Tahlil Singkat Bahasa Arab, Latin, Lengkap dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Tahlilan atau proses membaca doa tahlil ini bisa dilakukan dimana saja baik di majelis secara berjamaan atau secara individu.

Sementar dimalam Jumat, pembacaan tahlil dimulai setelah melaksanakan sholat maghrib dengan membaca tawasul yang kemudian dilanjut dengan rangkaian bacaan Tahlil dan doa. 

Berikut susunan bacaan Tahlil singkat dan doa arwah untuk orang meninggal dilansir dari jabar.nu.or.id:

1. Membaca pengantar Al-Fatihah. 

 اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ   

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x