Jadi Dihapus atau Tidak? Tenaga Honorer Wajib Simak Bocoran Nasib dari Menpan RB, Apakah Menguntungkan?

- 9 Februari 2023, 12:30 WIB
Jadi dihapus atau tidak? Tenaga honorer wajib menyimak bocoran nasib dari Menpan RB, apakah menguntungkan?
Jadi dihapus atau tidak? Tenaga honorer wajib menyimak bocoran nasib dari Menpan RB, apakah menguntungkan? /Dok menpan.go.id

BERITA DIY - Jadi dihapus atau tidak? Tenaga honorer wajib menyimak bocoran nasib dari Menpan RB, apakah menguntungkan?

Nasib tenaga honorer hampir di ujung tanduk. Pemerintah berencana menghapuskan tenaga honorer di sistem kepegawaian instansi pemerintah.

Penghapusan tenaga honorer ini akan mulai berlaku pada 28 November 2023. Hal tersebut tertulis dalam surat edaran nomor B/185/M.SM.02.03/2022 yang diterbitkan di era Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Ke depan, pemerintah merancang hanya ada dua jenis pegawai pemerintahan, yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jadi hanya ada ASN.

Baca Juga: Akhirnya Ada Kabar Gembira, Tenaga Honorer Tipe Ini Diutamakan Segera Jadi ASN, Begini Skema Pengangkatan 2023

Tapi hingga Februari 2023 ini, pemerintah belum memastikan bakal ke mana para tenaga honorer yang akan terdampak. Apalagi menurut pendataan tenaga non-ASN 2022 terdapat 2,3 juta tenaga non-ASN termasuk honorer.

Mengutip menpan.go.id, Menpan RB Abdullah Azwar Anas pun memberikan bocoran nasib tenaga honorer. Kira-kira menguntungkan atau tidak, ya?

Nasib tenaga honorer usai dihapus

Nasib tenaga honorer saat ini memang belum diputuskan. Akan tetapi, Menpan RB sudah menyiapkan 3 skema nasib tenaga honorer usai dihapus.

“Tiga opsi ini sudah dipetakan detil, plus-minusnya. Pemerintah akan mengkaji secara mendalam, menautkannya dengan kekuatan fiskal, kualitas birokrasi, dan keberlangsungan pelayanan publik. DPR juga pasti sama, kita semua cari opsi yang terbaik,” kata Menpan RB Azwar Anas.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: menpan.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x