Mental IIlness Adalah Apa? Kenali Gejala Gangguan Mental, Jenis, dan Cara Mengatasinya

- 9 Februari 2023, 10:20 WIB
Ilustrasi- wanita dengan perubahan mood yang drastis, informasi tentang Mental illness adalah apa, gejala gangguan mental, jenis, dan cara mengatasinya.
Ilustrasi- wanita dengan perubahan mood yang drastis, informasi tentang Mental illness adalah apa, gejala gangguan mental, jenis, dan cara mengatasinya. /Pexels.com/@Liza Summer
BERITA DIY - Berikut informasi tentang Mental illness adalah apa, gejala gangguan mental, jenis, dan cara mengatasinya.
 
Sebagai informasi, Mental illness atau gangguan kejiwaan pada mental ini menyerang dengan cara berfikir, suasana hati, dan perilaku seseorang.
 
Mental illness bisa terjadi pada siapa saja dan yang dapat diatasi dengan terapi ataupun obat.
 
Kenali gejala gangguan mental yang terjadi  pada seseorang, seperti perubahan mood yang tersaji secara mendadak dan sangat drastis.
 
 
Selain itu, penderita Mental illness atau gangguan mental ini kebanyakan juga menderita akan kecemasan yang berlebih dan akut.
 

Dikutip dari yankes.kemenkes.go.id, Mental illness (mental disorder), disebut juga dengan gangguan mental atau jiwa, adalah kondisi kesehatan yang memengaruhi pemikiran, perasaan, perilaku, suasana hati, atau kombinasi diantaranya. Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis).
 
Gejala gangguan kejiwaan yang sering diabaikan oleh penderita Mental illness yaitu insomnia atau gangguan tidur dan sering berbicara dengan diri sendiri.
 
Hal itu dianggap sebagai sesuatu yang wajar, dan tidak butuh penanganan, namun lambat laun hal tersebut bisa membahayan kesehatan jika tidak ditangani dengan tepat.
 
Mental illness yang menyerang psikologis seseorang bisa disebabkan oleh kondisi lingkungan, faktor ekonomi, maupun faktor genetik.
 
 
Kondisi ganguan kejiwaan ini bisa menyerang psikologis seseorang secara tiba- tiba atau bahkan bisa terjadi sampai dalam kurun waktu yang lama.
 
Gangguan kejiwaan yang paling umum dan sering ditemui di dunia medis yaitu seperti gangguan depresi mayor atau GDM, kecemasan dan Bipolar.
 
Dilansir BERITA DIY dari laman Kemkes pada 9 Februari 2023, jika seseorang merasa menderita gejala mental illness maka jangan sungkan untuk segera mencari bantuan tenaga medis profesional, dan bisa lakukan aktivitas yang positif.
 

Gejala Mental illness

1. Perubahaan mood yang terjadi tiba-tiba
2. Sering merasa sedih
3. Susah berkonsentrasi
4. Merasa khawatir yang berlebihan
5. Selalu dihantui rasa bersalah
6. Tidak tertarik dengan lingkungan sekitar
7. Berhalusinasi dan sering bicara sendiri
8. Insomnia atau gangguan tidur
9. Merasa kelelahan secara terus menerus
10. Marah berlebihan dan ingin bunuh diri
 
 
Jenis Umum Mental illness
 
1. Gangguan Depresi Mayor (GDM)
 
Gangguan kejiwaan yang ditandai dengan perubahaan mood yang drastis dan meras tertekan serta kehilangan minat untuk melakukan aktivitas. 
 
2. Gangguan Kecemasan 
 
Gangguan kejiwaan yang muncul seperti dipenuhi perasaan was-was, cemas dan ketakutan yang cukup kuat sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.
 

3. Gangguan Bipolar
 
Gangguan kejiwaan yang satu ini tidak dapat disembuhkan, namun pengobatan dapat membantu untuk meredakan gejala seperti depresi, ataupun perubahan mood yang tidak terkontrol sebelumnya.
 
 
Cara Mengatasi atau Terapi Mandiri Mental illness
 
1. Istirahat dan tidur yang cukup
 
2. Lakukan kegiatan yang melibatkan aktivitas fisik
 
3. Belajar mengatasi masalah dengan baik dan berfikir positif
 
4. Selalu menjaga hubungan baik dengan seseorang
 
5. Segera mencari bantuan medis profesional
 
Sebagai tambahan informasi, jika Anda mengalami gangguan mental atau meresa resh yang berkelanjutan disarankan untuk mengunjungi faskes terdekat baik puskesmas atau rumah sakit sekitar.
 
Demikianlah informasi tentang Mental illness adalah apa, gejala gangguan mental, jenis, dan cara mengatasinya.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x