Akhirnya Ada Kabar Gembira, Tenaga Honorer Tipe Ini Diutamakan Segera Jadi ASN, Begini Skema Pengangkatan 2023

- 7 Februari 2023, 12:24 WIB
Ilustrasi - Akhirnya ada kabar gembira, tenaga honorer tipe ini diutamakan segera jadi ASN. Simak skema pengangkatan 2023 di sini.
Ilustrasi - Akhirnya ada kabar gembira, tenaga honorer tipe ini diutamakan segera jadi ASN. Simak skema pengangkatan 2023 di sini. /Instagram/@kemnaker

BERITA DIY - Akhirnya ada kabar gembira, tenaga honorer tipe berikut ini diutamakan segera jadi ASN. Simak skema pengangkatan 2023 di sini.

Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas memberikan kabar gembira bagi para tenaga honorer. Ada skema pengangkatan jadi ASN yang akan dijalankan pada 2023.

Seperti diketahui, nasib tenaga honorer saat ini masih terombang-ambing. Pemerintah diketahui akan menghapus tenaga honorer dari sistem kepegawaian.

Jadi, tidak ada lagi tenaga honorer di instansi pemerintahan mulai 28 November 2023. Kebijakan penghapusan tenaga honorer tertuang dalam surat edaran nomor B/185/M.SM.02.03/2022, yang diundangkan pada 31 Mei 2022 ketika era Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Baca Juga: Info Penting! 2,3 Juta Tenaga Honorer yang Ikuti Pendataan 2022 Diangkat Jadi ASN? Ini Kata Menpan RB

Sejauh ini, ketika rapat bersama Komisi II DPR RI, Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengungkap 3 alternatif solusi usai tenaga honorer dihapus. Ketiganya adalah:

1. Semua tenaga honorer diangkat jadi ASN. Terkait opsi ini, Menpan RB Azwar Anas menegaskan diperlukan kekuatan keuangan negara yang cukup besar. 

Selain itu, yang perlu pertimbangkan yaitu kualitas dan kualifikasi dari tenaga honorer. Ia khawatir tidak semua tenaga memenuhi kualifikasi menjadi ASN.

2. Tenaga honorer diberhentikan seluruhnya. Hal yang perlu dipertimbangkan dari opsi ini yaitu ditakutkan pelayanan publik akan terganggu, apalagi ada banyak ASN yang akan pensiun.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: menpan.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x