Info Gempa Terkini BMKG Magnitudo 5,7 Guncang Banten Terasa hingga Jakarta, Ini Lokasi Pusat Gempa Hari Ini

- 7 Februari 2023, 08:45 WIB
Info gempa terkini BMKG magnitudo 5,7 guncang Banten terasa hingga Jakarta. Ternyata ini lokasi pusat gempa hari ini, 7 Februari 2023.
Info gempa terkini BMKG magnitudo 5,7 guncang Banten terasa hingga Jakarta. Ternyata ini lokasi pusat gempa hari ini, 7 Februari 2023. /PIXABAY/psc631798

BERITA DIY - Simak info gempa terkini BMKG magnitudo 5,7 guncang Banten terasa hingga Jakarta. Ternyata di sini lokasi pusat gempa hari ini, Selasa, 7 Februari 2023.

BMKG melaporkan hari ini terjadi gempa bumi di wilayah Banten, namun dirasakan hingga Tangerang dan Jakarta. Gempa hari ini terjadi pada pukul 07.35 WIB.

“#Gempa Mag:5.7, 07-Feb-2023 07:35:51WIB, Lok:7.49LS, 105.95BT,” tulis akun Twitter @infoBMKG.

Peristiwa gempa ini pun banyak dirasakan masyarakat. Banyak orang mencuitkan apa yang dirasakan selama gempa di Twiter, hingga membuat kata kunci gempa trending.

Baca Juga: UPDATE Gempa BMKG Hari Ini 24 Januari 2023, Cianjur, Lampung dan Sulut: Magnitudo dan Titik Pusat

Pusat gempa Banten hari ini yang terasa di Jakarta

Dikutip dari siaran persnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan setelah di-update, kekuatan gempa Banten hari ini sebesar magnitudo 5,2.

Adapun lokasi pusat gempa berada di koordinat 7,40° Lintang Selatan dan 105,90° Bujur Timut. Daryono menyebut lokasi pusat gempa tepatnya di laut pada jarak 65 km barat daya Bayah, Banten, pada kedalaman 41 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust),” kata Daryono.

Meski pusat gempa berada di laut, BMKG memastikan gempa Banten hari ini tidak memiliki potensi tsunami.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x