10 Gejala Diabetes Anak yang Patut Diwaspadai, Kasus Meningkat 70 Kali Lipat!

- 6 Februari 2023, 13:30 WIB
10 gejala diabetes anak yang patut diwaspadai, termasuk cara perawatan bagi pasien diabetes, kasus di Indonesia meningkat 70 kali lipat menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia.
10 gejala diabetes anak yang patut diwaspadai, termasuk cara perawatan bagi pasien diabetes, kasus di Indonesia meningkat 70 kali lipat menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia. /Ilustrasi PIXABAY/@Myriams-Fotos

BERITA DIY - Simak 10 gejala diabetes anak yang patut diwaspadai orang tua, serta dan perawatan bagi pasien, di mana kasus penyakit ini meningkat 70 kali lipat di Indonesia.

Saat ini, banyak orang tua Indonesia yang gelisah dengan meningkatnya kasus diabetes anak di Indonesia, sehingga perlu diperhatikan gejala diabetes anak sebelum terlambat.

Berdasarkan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus diabetes anak di Indonesia meningkat 70 kali lipat pada tahun 2023 dibanding tahun 2010.

Menurut laporan IDAI, sebanyak 1645 anak di Indonesia menderita penyakit diabetes pada bulan Januari 2023, dan ini merupakan angka tertinggi selama 13 tahun terakhir.

Baca Juga: Waspada! Ini 11 Gejala Umum Diabetes atau Kencing Manis yang Wajib Dikenali Sejak Dini

Penyakit diabetes anak kebanyakan merupakan diabetes tipe satu yang dapat menyerang kesehatan anak usia di bawah lima tahun.

Gejala Diabetes Tipe 1 pada Anak

Dilansir Berita DIY dari Hopkins Medicine di laman hopkinsmedicine.org, berikut ini adalah 10 gejala diabetes tipe 1 pada anak yang patut diwaspadai orang tua.

  1. Haus yang tidak biasa
  2. Sering buang air kecil dibanding biasanya
  3. Sering mengalami kelaparan ekstrim namun terjadi penurunan berat badan
  4. Penglihatan kabur
  5. Mual dan muntah
  6. Sakit perut
  7. Kelemahan dan kelelahan
  8. Perubahan suasana hati pada anak, seperti mudah marah, gelisah, dan mudah menangis.
  9. Napas pada anak terasa cepat
  10. Infeksi jamur pada anak perempuan

Baca Juga: Apa itu Diabetes dan Diabetes Melitus? Ini Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x