Isra Miraj 2023 Diperingati Kapan? Peristiwa Turunnya Perintah Salat 5 Waktu Bagi Umat Islam Libur atau Tidak?

- 5 Februari 2023, 18:10 WIB
Ilustrasi penjelasan jadwal kapan Isra Miraj 2023 diperingati umat Muslim dan menjadi hari libur nasional atau tidak.
Ilustrasi penjelasan jadwal kapan Isra Miraj 2023 diperingati umat Muslim dan menjadi hari libur nasional atau tidak. /Unsplash/Behnam Norouzi

BERITA DIY - Bulan Februari 2023 ini, umat Muslim di dunia akan memperingati hari peringatan Isra Miraj 2023 di mana perintah melaksanakan kewajiban salat 5 waktu diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw dan umatnya.

Ibadah salat lima waktu merupakan ibadah yang wajib didirikan oleh seluruh umat muslim dari berbagai penjuru dunia sebagai kegiatan menyembah Allah Swt, Tuhan semesta alam.

Sejarah perintah salat 5 waktu dimulai dari peristiwa perjalanan Nabi Muhammad Saw yakni Isra dan Miraj yang kemudian keduanya digabungkan menjadi nama Isra Miraj. Meski demikian, Isra dan Miraj adalah dua peristiwa berbeda.

Simak penjelasan mengenai jadwal kapan Isra Miraj 2023 diperingati umat Muslim dan menjadi hari libur nasional atau tidak tersaji dalam ulasan artikel ini.

Baca Juga: Teks Pidato Isra Miraj Singkat Bahasa Indonesia, Ceramah Menyentuh Hati Lengkap Dalilnya

Peristiwa Isra Miraj diperingati dan ditetapkan berdasarkan penanggalan kalender hijriah atau kalender Islam. Penentuan tanggal peringatannya tentu akan berbeda dengan penanggalan kalender masehi.

Kapan Isra Miraj 2023 Diperingati?

Dilansir dari situs Simbi Kemenag, berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M 1444 H hingga 1445 H, peringatan Isra Miraj 2023 atau 1444 H jatuh pada tanggal 27 Rajab 1444 H.

Tanggal 27 Rajab apabila dikonversikan berdasarkan hitungan Masehi, Isra Miraj akan diperingati tepatnya pada hari Sabtu, 18 Februari 2023 Masehi.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Kemenag


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x