10 Manfaat Golden Garlic Bawang, Alternatif Obat Penyakit Kronis

- 3 Februari 2023, 11:57 WIB
10 manfaat golden garlic atau bawang untuk kesehatan manusia sebagai alternatif obat penyakit kronis.
10 manfaat golden garlic atau bawang untuk kesehatan manusia sebagai alternatif obat penyakit kronis. /PIXABAY/stevepb

BERITA DIY - Berikut ada 10 manfaat golden garlic atau bawang untuk kesehatan manusia sebagai alternatif obat penyakit kronis.

Apa itu golden garlic? Sebutan golden garlic adalah satu hingga tiga siung yang berbeda biasanya lebih kecil dengan tekstur sedikit lembek dengan warna kuning keemasan sedikit transaparan yang ada dalam satu umbi bawang.

Banyak yang mengira siung golden garlic sudah tidak layak pakai, padahal golden garlic punya manfaat yang sama dengan black garlic (sebutan bawang putih yang difermentasi).

Adapun proses terjadinya golden garlic yang cenderung lengket bertekstur lembek di dalam satu umbi bawang yang kering karena ada suatu kondisi yang disebut sebagai waxy breakdown.

Dilansir dari Oregon State University Plat Clinic, umbi bawang putih bisa alaim waxy breakdown karena tingginya temperatur dan kurangnya oksigen di lokasi bawang tumbuh. Biasanya hal ini terjadi saat musim kemarau di Indonesia.

Baca Juga: Manfaat Jahe bagi Kesehatan Tubuh Wajib Anda Tahu, Zat Rimpang Ini Redakan Nyeri Otot Pegal Linu

Pada musim kemarau tersebut golden garlic mengalami fermentasi secara alami dan masih aman untuk dikonsumsi. Olahan golden garlic bisa dibuat menjadi makanan, minyak masak atau bahkan dimakan langsung.

Cara penyimpanan golden garlic agar masih menyimpan khasiat baik yakni dengan menaruhnya di wadah kedap udara yang dimasukkan ke dalam frezeer atau kulkas untuk menghindari proses pembusukan.

Kalau golden garlic sudah busuk, bawang unik tersebut tidak boleh dikonsumsi dan wajib dibuang ke tempat sampah organik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x