2 Penyebab Kanker Payudara yang Dialami Komedian Nunung OVJ

- 2 Februari 2023, 17:05 WIB
Ini penyebab kanker payudara yang dialami oleh komedian Nunung OVJ agar bisa deteksi dini ciri atau gejala kanker payudara stadium awal.
Ini penyebab kanker payudara yang dialami oleh komedian Nunung OVJ agar bisa deteksi dini ciri atau gejala kanker payudara stadium awal. /Ilustrasi. PEXELS/Anna Tarazevich

BERITA DIY - Berikut penyebab kanker payudara yang dialami oleh komedian Nunung OVJ agar bisa deteksi dini ciri atau gejala kanker payudara stadium awal sebelum terlambat.

Tri Retno Prayudati atau kerap disebut Nunung OVJ atau Nunug Srumulat menceritakan dirinya divonis sakit kanker payudara oleh dokter.

Komedian Nunung OVJ memeriksakan diri setelah menemukan adanya benjolan pada bagian tubuhnya yang kemudian disepakati dokter sebagai kanker payudara.

Benjolan pada payudara tersebut setelah hasil USG adalah tumor ganas yang kemudian disebut sebagai kanker payudara. Dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 4 Februari 2022, kanker payudara paling banyak di Indonesia.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Turun Rutin Makan 10 Buah Antioksidan Ini

Dilansir dari kemkes.go.iddata tahun 2020 menyatakan jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus, yakni 16,6 persen dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Dengan total kematian mencapai lebih dari 22 ribu jiwa kasus.

Kemenkes pada Hari Kanker Dunia pada 4 Februari tiap tahunnya selalu menggencarkan informasi penyebab dan cara deteksi dini kanker payudara.

Terutama, deteksi kanker payudara stadium awal yang agak sulit melihat ciri-cirinya. dr. Hamzah Sulaiman Lubis Sp.B.Onk(K) klinisi Rumah Sakit Umum Haji Medan dikutip dari laman Universitas Islam Indonesia menyatakan kanker payudara stadium awal biasanya tidak nyeri, tapi jika tidak ditangani dengan segera dapat berkembang menjadi parah.

Berdasar laman Dinas Kesehatan Yogyakarta di laman dinkes.jogjaprov.go.id, sejumlah ciri-ciri kanker payudara stadium awal yakni tekstur berubah seperti kulit jeruk, kemudian terdapat benjolan di ketiak ataupun di payudara itu sendiri yang membuat bentuknya cenderung asimetris diikuti dengan perubahan puting yang melesak ke dalam.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Kemkes.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x