Sejarah dan Tema World Wetlands Day 2023: Kampanye Global Peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, Apa Itu?

- 2 Februari 2023, 06:36 WIB
Ilustrasi sejarah dan tema World Wetlands Day 2023, peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, kampanye kesadaran global tentang ekosistem.
Ilustrasi sejarah dan tema World Wetlands Day 2023, peringatan Hari Lahan Basah Sedunia, kampanye kesadaran global tentang ekosistem. /Pixabay/PiotrZakrzewski

BERITA DIY - Hari Lahan Basah Sedunia atau World Wetlands Day 2023 diperingati setiap tanggal 2 Februari. Simak apa itu World Wetlands Day 2023 dan sejarahnya dalam ulasan artikel ini.

World Wetlands Day 2023 diperingati oleh seluruh dunia setiap tahunnya dengan tujuan mendorong kesadaran global akan peran penting lahan basah bagi manusia dan lingkungan hidup.

Dikutip dalam naskah publikasi dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) berjudul "Lahan Basah: Terra Incognita", lahan basah adalah istilah kolektif tentang ekosistem yang pembentukannya
dikuasai air, dan proses serta cirinya terutama dikendalikan air.

Lahan basah mencakup suatu rentangan luas habitat pedalaman, pantai, dan marin yang memiliki sejumlah tampakan sama.

Baca Juga: Sejarah Singkat Tangkuban Perahu, Cerita Legenda Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi

Konvensi Ramsar 1971 juga mendiskripsikan bahwa wilayah lahan basah yakni "rawa, lahan gambut, dan air, baik alami maupun buatan, bersifat tetap atau sementara, berair ladung (stagnant, static) atau mengalir yang bersifat tawar, payau, atau asin, mencakup wilayah air marin yang di dalamnya pada waktu surut tidak lebih daripada enam meter," tulis naskah tulisan Tejoyuwono Notohadiprawiro.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK) menyebutkan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki ekosistem lahan basah terluas di Asia setelah China, sehingga penting bagi pemerintah mensosialisasikan nilai penting lahan basah kepada masyarakat.

"Sebagai salah satu negara yang memiliki ekosistem lahan basah terluas di Asia, setelah China, Pemerintah Indonesia, melalui Direktorat Jenderal KSDAE selaku Administrative Authority Ramsar Indonesia, berkewajiban untuk mensosialisasikan nilai penting lahan basah kepada seluruh lapisan masyarakat diantaranya melalui penyelenggaraan Perayaan Hari Lahan Basah Sedunia setiap tahunnya," tulis laman MenLHK pada 4 Februari 2022.

Baca Juga: 27 Rajab Ada Peristiwa dan Kisah Apa? Ini Sejarah 27 Rajab Ada Kejadian Isra Miraj

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x