Bacaan Niat Puasa Rajab Sekaligus Puasa Senin Kamis Teks Arab, Latin dan Artinya, Lengkap Doa Buka Puasa

- 1 Februari 2023, 12:08 WIB
Ilustrasi – Bacaan niat puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis dalam teks Arab, latin dan artinya. Ada pula doa buka puasa.
Ilustrasi – Bacaan niat puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis dalam teks Arab, latin dan artinya. Ada pula doa buka puasa. /Pixabay.com/freebiespic

BERITA DIY - Simak bacaan niat puasa Rajab sekaligus puasa Senin Kamis dalam teks Arab, latin dan artinya. Ada pula doa buka puasa.

Bulan Rajab merupakan satu dari empat bulan istimewa yang tercatat dalam Al-Qur’an. Allah SWT dalam Surat At-Taubah ayat 36 berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Baca Juga: Lirik Sholawat Bulan Rajab Lengkap Teks Arab, Latin dan Arti Sholawat Rajab, Sya’ban dan Ramadhan

Tahun ini, tanggal 1 Rajab 1444 H bertepatan dengan hari Senin, 23 Januari 2023. Dengan keistimewaan ini, tak heran jika umat Islam pun diajurkan memperbanyak amalah sholeh, di antaranya puasa sunnah Rajab maupun Senin Kamis.

Untuk puasa Rajab, Nabi Muhammad SAW dalam hadist yang diriwayatkan Thabrani menyebut:

Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksanakan ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya.” (HR At-Thabrani).

Sejumlah ulama berpendapat puasa Rajab bisa dilakukan 10 hari berturut, sejak tanggal 1 Rajab sampai 10 Rajab. Ada juga yang menyebut bisa dilakukan kapan pun di bulan Rajab dan tidak mesti 10 hari.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x