Kapan Musim Hujan Diperkirakan Terjadi di Indonesia? Ini Penjelasan BMKG

- 30 Januari 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi. Penjelasan BMKG tentang kapan musim hujan diperkirakan terjadi di Indonesia lengkap dengan prediksi masa peralihan.
Ilustrasi. Penjelasan BMKG tentang kapan musim hujan diperkirakan terjadi di Indonesia lengkap dengan prediksi masa peralihan. /PEXELS/PEXELS

BERITA DIY - Simak informasi kapan musim hujan diperkirakan akan terjadi di Indonesia lengkap dengan penjelasan kata BMKG, selengkapnya.

Perubahan musim dan pertanyaan dari warganet tentang kapan musim hujan berakhir, kapan musim hujan datang hingga kapan musim hujan diperkirakan terjadi lagi di Indonesia tahun 2023 banyak dicari.

Meski masyarakat tidak rajin melakukan cek prakiraan cuaca setiap harinya, namun perubahan cuaca dan musim apa yang sednag berjalan saat ini di Indonesia cukup menjadi perhatian.

Berikut penjelasan lengkap dari BMKG terkait kapan musim hujan diperkirakan akan terjadi di Indonesia tahun 2023 ini.

Baca Juga: Apa Itu El Nino yang Disebut BMKG Bakal Bikin Kemarau Indonesia 2023 Lebih Kering?

Dilansir dari laman bmkg.go.id, pada September 2022 yang lalu BMKG telah menjelaskan bahwa prakiraan musim hujan 2022-2023 akan dimulai dari periode awal pada Bulan September hingga November 2022.

Sedangkan untuk puncak musim hujan 2022-2023 di sebagaian besar wilayah diperkirakan terjadi pada bulan Desember 2022 dan Januari 2023.

Usai mengalami puncak musim hujan, tentunya Indonesia akan mengalami masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Masih dilansir dari siaran press BMKG, diketahui bahwa beberapa wilayah di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara akan mengalami periode transisi atau perlaihan pada bulan April-Mei 2023.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x