Sejarah Singkat Tangkuban Perahu, Cerita Legenda Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi

- 30 Januari 2023, 11:33 WIB
Sejarah singkat Tangkuban Perahu terbentuk dari apa. Simak juga cerita legenda Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi.
Sejarah singkat Tangkuban Perahu terbentuk dari apa. Simak juga cerita legenda Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi. /Tangkapan layar/YouTube Friska Yeni

BERITA DIY - Berikut sejarah singkat Tangkuban Perahu. Simak juga cerita legenda Jawa Barat Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Sejarah Tangkuban Perahu dan cerita legenda Jawa Barat Sangkuriang merupakan hal yang terpisah.

Perlu diketahui, Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di Jawa Barat. Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki tinggi 2.084 mdpl.

Mengutip twatangkubanparahu.com, para ahli geologi menyampaikan sejarah Gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini terbentuk dari sisa dari Gunung Purba di Indonesia.

Baca Juga: Legenda Gunung Semeru: Dibawa dari India oleh Kura-kura hingga Mitos Ramalan Pulau Jawa Terbelah

Adapun, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari letusan Gunung Sunda yang memulai letusan pertamanya pada tahun 1829 dan berakhir meletus pada tahun 1929.

Saat ini Gunung Tangkuban Perahu memiliki sembilan kawah aktif. Erupsi terakhir kali Gunung Tangkuban Perahu terjadi pada 2019.

Menurut para ahli geologi, kawasan dataran tinggi di permukaan tinggi Bandung yang memiliki ketinggian kurang lebih 109 meter dari permukaan laut adalah merupakan sisa dari sebuah danau besar.

Danau besar tersebut terbentuk akibat dari pembendungan sungai Citarum. Hal ini sering dikaitkan dengan legenda masyarakat Gunung Tangkuban Perahu.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: kemenparekraf.go.id twatangkubanparahu.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x