Alasan Biaya Haji 2023 Naik Usul Kementerian Agama Menjadi Rp 69 juta dan Pendapat Presiden Jokowi

- 25 Januari 2023, 09:20 WIB
Ilustrasi - Kenaikan biaya haji tahun 2023 yang akan diusulkan oleh Kementerian Agama yang naik menjadi Rp69 juta untuk setiap jamaah haji.
Ilustrasi - Kenaikan biaya haji tahun 2023 yang akan diusulkan oleh Kementerian Agama yang naik menjadi Rp69 juta untuk setiap jamaah haji. /UNSPLASH/hydngallery

BERITA DIY - Simak informasi tentang kenaikan biaya haji tahun 2023 yang akan diusulkan oleh Kementrian Agama yang naik menjadi Rp69 juta, namun Presiden Jokowi memberi pernyataan akan hal tersebut.

Beberapa hari ini masyarakat banyak yang telah membicarakan biaya kenaikan biaya haji di Indonesia. Melihat hal itu pasti ada pihak banyak yang merasa dirugikan dan juga diuntungkan.

Dilain hal, kabar terbaru untuk Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi kabarnya akan menurunkan biaya haji hingga 30 persen untuk tahun ini di tengah berita Kementrian Agama Indonesia yang akan menaikkan biaya haji 70 persen.

Dilansir dari kemenag.com usulan kenaikan biaya haji ini di umumkan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada rapat Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama pada tanggal 19 Januari 2023 lalu.

Baca Juga: Kemenag Usulkan Biaya Haji Naik Menjadi Rp 69 Juta per Orang, Ini Rinciannya

Dikatakan kenaikan biaya ibadah haji tersebut bertujuan untuk memenuhi prinsip keadilan dan keberlangsungan dana haji. Jadi usulan ini sudah melalui perundingan dan pertimbangan yang matang.

Pada Rapat Kerja tersebut Yaqut juga menjelaskan bahwa usulan BPIH sebesar Rp 98.893.909 mengalami kenaikan drastis dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp 514.888.

Meski demikian, Kementerian Agama tidak memungkiri bahwa kemungkinan akan adanya perubahan angka nominal maupun formulasi BPIH dan Bipih dalam rapat perhitungan di DPR.

"Ini baru usulan, berapa biaya yang nanti disepakati, tergantung pembicaraan di Panja," Kata Yaqut yang dilansir dari kemenag.com.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x