Niat Puasa Rajab di Bulan Rajab Hari ke-2, Apa Manfaat dan Hukumnya Puasa Rajab?

- 23 Januari 2023, 15:49 WIB
Cek bacaan niat puasa Rajab di bulan Rajab hari ke-2 dilengkapi ulasan manfaat dan hukumnya dalam ulasan ini.
Cek bacaan niat puasa Rajab di bulan Rajab hari ke-2 dilengkapi ulasan manfaat dan hukumnya dalam ulasan ini. /Pexels.com/Konevi

BERITA DIY - Berikut niat puasa Rajab di bulan Rajab hari ke-2. Simak juga manfaat dan hukumnya puasa Rajab di ulasan ini.

Umat Islam kini berada di bulan salah satu bulan istimewa, yakni bulan Rajab. Tahun ini, tanggal 1 Rajab 1444 H bertepatan jatuh pada Senin, 23 Januari 2023.

Hal tersebut menurut penanggalan Hijriyah yang dirilis kemenag.go.id. Anda bisa download kalender Hijriyah PDF lengkap dengan KLIK DI SINI.

Terkait bulan Rajab, ada amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam, yaitu melakukan puasa Rajab. Puasa Rajab hukumnya adalah sunnah.

Baca Juga: Kapan Puasa Rajab 2023 sampai Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa Teks Arab dan Latin, 1 Rajab Mulai Kapan?

Tentu saja agar mendapatkan pahala dari Allah SWT, umat Islam diimbau untuk melaksanakan puasa Rajab di bulan Rajab. 

Perlu diketahui, bulan Rajab menjadi satu dari empat bulan suci yang tertulis dalam surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x