Bacaan Doa Niat Puasa Pengganti Ramadhan atau Qadha Dalam Tulisan Arab Beserta Latin dan Artinya

- 22 Januari 2023, 10:05 WIB
Bacaan doa niat puasa pengganti Ramadhan dalam tulisan Arab beserta latin dan artinya yang bisa kita ucapkan pada waktu sebelum fajar tiba.
Bacaan doa niat puasa pengganti Ramadhan dalam tulisan Arab beserta latin dan artinya yang bisa kita ucapkan pada waktu sebelum fajar tiba. /pexels.com

BERITA DIY - Simak bacaan doa niat puasa pengganti Ramadhan(qadha) dalam tulisan Arab beserta latin dan artinya.

Puasa di bulan Ramadhan adalah puasa yang wajib dilakukan oleh seluruh umat islam di dunia. Namun, ada sebagian orang yang mungkin berhalangan atau tidak bisa melaksanakan puasa Ramadhan pada saat itu.

Hukum puasa Ramadhan pun telah tertera dalam quran surat Al Baqarah ayat 183 yang berbunyi sebagai berikut:

‘Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas dirimu untuk berpuasa sebagaimana engkau orang-orang sebelumnya diwajibkan untuk berpuasa agar kamu bertakwa.’

Baca Juga: Teks Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Arab, Latin dan Artinya Serta Kapan Waktu Dibaca

Maka dari itu untuk umat islam yang berhalangan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan maka harus mengganti puasanya dilain bulan. Hutang puasa ini dapat diganti dengan cara mengqadha puasa atau disebut sebagai pengganti puasa Ramadhan.

Lalu bagaimana cara untuk melaksanakan puasa qadha? Dan bagaimana bacaan doa niat untuk mengawali puasa qadha?

Berikut bacaan niat puasa pengganti Ramadhan (qadha) :

Saat mengganti puasa atau mengqadha puasa maka sebaiknya selalu diiringi dengan ucapan niat puasa qadha. Menurut mazhab Syafi’i, orang yang akan puasa qadha pun wajib untuk melafalkan niat puasa hal ini tercantum pula dalam sebuah hadits shahih.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x