Tugas dan Wewenang PPS Pemilu 2024, Ini Penjelasan Menurut UU dan Link Download PDF Peraturan KPU

- 20 Januari 2023, 17:20 WIB
Maskot Pemilu 2024, cek lagi tugas dan wewenang PPS menurut UU dan link download teks peraturan PDF.
Maskot Pemilu 2024, cek lagi tugas dan wewenang PPS menurut UU dan link download teks peraturan PDF. /Instagram.com/@kpukotajogja

BERITA DIY - Simak informasi tugas dan wewenang Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2023 menurut Undang-undang dan link download PDF Peraturan tersedia di akhir artikel.

Proses seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tak lama lagi akan memasuki tahap akhir. Setelah seluruh peserta mengikuti tes wawancara, daftar PPS pun akan ditetapkan.

Berdasarkan jadwal seleksi PPS yang telah ditetapkan oleh KPU maka proses penetapan anggota PPS Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2023 dan proses pelantikan akan dilaksanakan pada 24 Januari 2023.

Setelah dilantik, akan langsung memulai masa kerja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja tugas dan wewenang dari PPS itu.

Baca Juga: 20 Kumpulan Soal Tes Wawancara PPS Pemilu 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Sebagai informasi tugas dan wewenag PPS Pemilu 2024 baik tingkat kecamatan hingga desa atau kelurahan telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2018.

Menurut PKPU Nomor 3 Tahun 2018, Panitia Pemungutan Suara atau PPS adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan Pemilu di kelurahan atau desa.

Dalam pasal 2 PKPU tersebut bahwa PPS melaksanakan tugas penyelenggaraan pemilu berpedoman pada asas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertiba, kepentingan umum, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efisien dan aksesibilitas.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Wawancara PPS Dilengkapi Kunci Jawaban dan Kisi Kisi Soal yang Wajib Dijawab

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x