Hari Raya Imlek untuk Agama Apa? Makna Imlek Bagi Orang Tionghoa, Alasan Kenapa Identik dengan Warna Merah

- 20 Januari 2023, 09:16 WIB
Ilustrasi. Uraian Hari Raya Imlek untuk agama apa? makna Imlek bagi orang Tionghoa, alasan kenapa identik dengan warna merah
Ilustrasi. Uraian Hari Raya Imlek untuk agama apa? makna Imlek bagi orang Tionghoa, alasan kenapa identik dengan warna merah /PEXELS/@RODNAE Productions

BERITA DIY- Simak penjelasan Hari Raya Imlek untuk agama apa? Makna Imlek bagi orang Tionghoa, alasan kenapa identik dengan warna merah.

Hari Raya Imlek atau sebutan lainnya yaitu tahun baru Cina atau Festival Musim Semi. Disebut tahun baru Cina karena ini merupakan hari raya orang Tionghoa.

Pada perayaan Hari Raya Imlek juga ada pantangan yang harus dihindari agar menghindari kesialan. Imlek juga identik dengan membagi angpao dan pertunjukan Barongsai.

Hari Raya Imlek disebut juga Festival Musim Semi karena dulunya perayaan ini dilakukan oleh para petani dalam menyambut musim semi karena mereka akan mulai bekerja.

Baca Juga: Resep Kue Keranjang Khas Imlek Praktis dan Mudah Lengkap dengan Bahan Dasar dan Cara Membuat

Beberapa orang mempertanyakan kenapa Imlek identik dengan warna merah kenapa bukan warna lain. Ada sebuah mitos yang berkembang di masyarakat bahwa dulu ada monster yang wajahnya menyeramkan.

Monster tersebut sangat buas dan menyerang penduduk desa menghabiskan ternak dan tanaman dari para petani.

Untuk mengusir monster jahat tersebut masyarakat berinisiatif untuk membuat suara seperti ledakan. Ini juga alasan kenapa Hari Raya Imlek identik dengan kembang api.

Selain itu penduduk desa juga menyalakan lampu yang terang dan memasang kertas-kertas yang berwarna merah, menyalakan lilin dan menggunakan pakaian serba merah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x