Imlek 2023 Kapan? Ini Sejarah, Tradisi dan Makanan Khas Perayaan Imlek di Indonesia

- 18 Januari 2023, 14:10 WIB
Ilustrasi - Imlek 2023 kapan diperingati, sejarah, tradisi dan makanan khas perayaan di Indonesia.
Ilustrasi - Imlek 2023 kapan diperingati, sejarah, tradisi dan makanan khas perayaan di Indonesia. /Pixabay.com/PublicDomainPictures

BERITA DIY - Ketahui Imlek 2023 kapan diperingati lengkap dengan sejarah, tradisi dan makanan khas perayaan Imlek di Indonesia.

Tahun Baru Imlek diperingati dengan tanggal berbeda-beda setiap tahunnya. Pada tahun 2023 ini, Imlek akan dirayakan pada Minggu, 22 Januari 2023.

Perayaan Tahun Baru Imlek ini tentu menjadi salah satu momen yang dinanti-nantikan khususnya oleh masyarakat Tionghoa karena akan merayakan pergantian tahun.

Namun sejarah panjang harus dilewati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia untuk bisa merayakan imlek ini, bagaimana? Berikut ulasan sejarah, tradisi dan makanan khas Imlek.

Baca Juga: 18 Januari 2023 Memperingati Hari Apa? Benarkah Libur Nasional? Ini Tanggal Merah dan Cuti Bersama Imlek

Sejarah perayaan dan peringatan Tahun Baru Imlek di Indonesia cukuplah panjang dan memiliki cerita yang membekas.

Mulanya pada masa pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto, masyarakat Tionghoa tidak boleh atau dilarang merayakan Tahun Baru Imlek. Barulah saat Presiden K.H Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjabat, larang tersebut dicabut atau dihapuskan.

Presiden Gus Dur bahkan juga menetapkan Imlek sebagai hari libur fakultatif atau hanya brelaku bagi mereka yang merayakan.

Barulah pada tahun 2002, Presiden Megawati Soekarnoputri meresmikan Imlek sebagai hari libur nasional. Perayaan pada tahun-tahun selanjutnya kemudian selalu dihadiri presiden RI.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: China Highlights ditsmp.kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x