5 Fakta Mitos Black Friday The 13Th dari Film, TV Series hingga Game Tiap Hari Jumat Tanggal 13

- 13 Januari 2023, 15:56 WIB
5 fakta mitos Friday The 13Th atau Black Friday dari budaya populer film, series TV hingga game di mana tiap hari Jumat tanggal 13 disebut sebagai hari sial.
5 fakta mitos Friday The 13Th atau Black Friday dari budaya populer film, series TV hingga game di mana tiap hari Jumat tanggal 13 disebut sebagai hari sial. /FREEPIK/freepik

BERITA DIY - Yuk simak 5 fakta mitos Friday The 13Th dari budaya populer film, series TV hingga game di mana tiap hari Jumat tanggal 13 disebut sebagai hari sial.

Friday The 13Th biasa disebut dengan Black Friday yang menandakan kesialan pada hari Jumat tanggal 13.

Tepat Jumat hari ini 13 Januari 2023 menjadi Friday The 13Th yang disebutkan sebagai hari sial.

Friday The 13Th atau Black Friday berdasar pada mitos atau takhayul angka 13 yang dianggap sebagai simbol kesialan, kemalangan hingga kematian.

Baca Juga: Apa Itu Black Friday yang Sedang Ramai? Berikut Sejarah yang Perlu Diketahui, Apa Hari Belanja Sepuasnya?

Dilansir dari ABC News, angka 13 dianggap kesialan bermula dari mitologi Nordik. Di mana, dalam cerita mitos yang berkembang, ini bermula akibat dari tamu ke-13 bernama Loki.

Saat itu, Odin dan 11 teman dewa terdekatnya mengadakan pesta makan malam. Kemudian datanglah Loki untuk bersantap di meja yang sama.

Pada pesta tersebut, Loki menghasut Dewa Kegelapan (musim dingin) untuk menyerang Dewa Kedamaian. Akhirnya satu dewa terbunuh.

Karena cerita mitologi Nordik itulah, 13 orang di meja makan menjadi tabu untuk dilakukan. Dari situ pula, angka 13 jadi lambang kesialan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: ABC News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x