Heboh! Pulau Baru Muncul Setelah Gempa Maluku di Kepulauan Tanimbar, Apakah Mud Vulcano? Ini Kata BMKG

- 10 Januari 2023, 16:35 WIB
Ilustrasi - Sebuah pulau baru muncul setelah insiden gempa Maluku di Kepulauan Tanimbar, apakah ini Mud Vulcano? Berikut ini kata BMKG.
Ilustrasi - Sebuah pulau baru muncul setelah insiden gempa Maluku di Kepulauan Tanimbar, apakah ini Mud Vulcano? Berikut ini kata BMKG. /Pexels.com/Fran Bertucci

BERITA DIY - Heboh! Sebuah pulau baru muncul setelah insiden gempa Maluku di Kepulauan Tanimbar. Apakah ini Mud Vulcano? Berikut ini kata BMKG.

Warga desa Teinaman terkejut dengan kejadian munculnya sebuah pulau baru setelah kejadian gempa yang melanda Maluku pada Selasa, 10 Januari 2023 dini hari.

Kejadian ini terjadi di Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.

Sejumlah warga pun menjadi panik dan oleh pemerintah desa setempat meminta untuk mengungsi sementara karena kejadian pulau yang muncul ke permukaan air ini.

Baca Juga: Info Gempa BMKG Hari Ini: Magnitudo 3,5 Guncang Bali Terasa di Jawa Timur, Ini Lokasi dan Pusat Gempa Terkini

Dilansir dari antaranews.com, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Ambon, Luthfy Pary menyatakan bahwa pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih detail.

Kepala Desa Teinaman Bony Kelmaskossu mengatakan bahwa gempa dengan kekuatan magnitudo lebih dari tujuh mengakibatkan munculnya material yang membentuk pulau.

"Temuan di Desa Teinaman, Kecamatan Tanimbar Utara, gempa berkekuatan magnitudo lebih dari 7 mengakibatkan munculnya tumpukan material sehingga membentuk pulau" ujarnya pada Selasa 10 Januari 2023 di Ambon.

"Kebijakan yang ditempuh, kami arahkan masyarakat untuk mengungsi sementara waktu" lanjutnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x