20 Contoh Soal Tes CAT PPS Pemilu 2024 Lengkap dengan Kunci Jawaban Gratis Dapat Anda Cek di Sini

- 9 Januari 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. – Berikut ini adalah 20 contoh soal tes CAT PPS Pemilu 2024 gratis dan lengkap dengan kunci jawaban untuk Anda pelajari.
Ilustrasi. – Berikut ini adalah 20 contoh soal tes CAT PPS Pemilu 2024 gratis dan lengkap dengan kunci jawaban untuk Anda pelajari. /Pixabay.com/mohamed_hassan

BERITA DIY – Simak 20 contoh soal tes CAT PPS Pemilu 2024 gratis yang ada dalam artikel ini. Contoh soal telah dilengkapi dengan kunci jawaban untuk Anda pelajari.

Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, KPU akan membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara) melalui tes CAT PPS Pemilu 2024.

Seperti yang telah diketahui, KPU telah mengumumkan jadwal tes PPS Pemilu 2024 pada laman resminya kpu.go.id yaitu mulai tanggal 6-11 Januari 2023 menggunakan sistem CAT.

CAT sendiri merupakan tes tertulis berbasis computer assisted test yang akan menjadi salah satu tahapan seleksi calon anggota PPS Pemilu 2024. Penyeleksian calon anggota PPS akan digelar oleh setiap KPU di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Contoh Soal Tes CAT PPS Pemilu 2024, Kisi-kisi Pertanyaan Tes Wawancara, dan Jadwal Lengkap Seleksi

Dalam soal tes PPS Pemilu 2024 akan ada tiga materi yang diujikan, di antaranya mengenai pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, dan pengetahuan kepemiluan.

Bagi calon anggota PPS Pemilu 2024 yang lolos ujian tulis CAT, maka akan masuk pada tahap seleksi wawancara. Tes wawancara calon anggota PPS juga akan dilakukan oleh KPU di wilayah masing-masing pada tanggal 15-17 Januari 2023.

Materi yang akan diujikan pada seleksi wawancara di antaranya meliputi pengetahuan kepemiluan, rekan jejak calon anggota PPS, komitmen (mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas), dan tambahan masukan serta klarifikasi dari masyarakat.

Setelah serangkaian tes dilakukan, KPU akan merilis nama-nama calon anggota PPS yang lolos dan menetapkannya sebagai anggota PPS pada tanggal 20 Januari 2023. Kemudian, anggota PPS akan dilantik empat hari setelah ditetapkan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x