Kapan Perayaan Tahun Baru Imlek 2023? Ini Jadwal dan Tradisi Tahun Baru Imlek yang Jarang Diketahui

- 6 Januari 2023, 15:55 WIB
Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional yang penting bagi masyarakat China.
Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional yang penting bagi masyarakat China. /tangkap layar/@chinesenewyear.net

BERITA DIY- Berikut informasi kapan perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2023 dan apa saja tradisi saat Tahun Baru Imlek yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang di Indonesia.

Tahun Baru Imlek merupakan hari libur nasional yang penting bagi masyarakat Konghucu untuk bertemu dengan sanak saudara mereka sambil merayakan kedatangan Tahun Baru Imlek. Tahun baru Imlek selalu dirayakan pada hari pertama Kalender Bulan Cina. Menurut perhitungan kalender Gregorian, peringatan hari libur Tahun Baru Imlek jatuh pada bulan Januari atau Februari.

Indonesia merupakan sebuah bangsa yang dikenal dengan keberagamannya budayanya. Di mana sebagian besar penduduknya pribumi Muslim, perayaan Tahun Baru Imlek tetap dianggap sebagai sebuah perayaan penting di Indonesia.

Salah satu tradisi yang sangat dikenal pada saat Imlek adalah pemberian amplop berwarna merah. Amplop-amplop merah yang diberikan kepada anak-anak dari para orang tua adalah salah satu tradisi yang dilakukan saat Tahun Baru Imlek. Amplop merah ini umumnya diisi sejumlah uang dan beberapa catatan yang berisi doa-doa kebaikan.

Baca Juga: Kata-kata Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 Bahasa Mandarin Selain Gong Xi Fa Cai dan Artinya

Pada Tahun Baru Imlek, setiap anggota keluarga dari keluarga keturunan Konghucu akan berkumpul dengan keluarga mereka di sebuah tempat. Setelah semua anggota keluarga berkumpul, hidangan makanan akan disajikan. Campuran makanan tradisional Konghucu dan makanan Indonesia dinikmati oleh mereka yang merayakan Tahun Baru Imlek di Indonesia.

Di Negara China biasanya perayaan Tahun baru Imlek disebut chunjie atau festival musim semi. Orang-orang di sana menyambut festival musim semi dan menyambut awal Tahun Baru.

Festival musim semi pada awalnya merupakan hari upacara untuk berdoa kepada dewa untuk musim tanam dan panen yang baik bagi masyarakat Konghucu. Sebagai masyarakat agraris, hasil panen adalah segalanya. Mereka berdoa kepada leluhur mereka, karena mereka diperlakukan sebagai dewa seperti kisah dalam film Mulan sebagai contohnya.

Baca Juga: Apa Itu Tahun Baru Imlek? Ini Penjelasan Lengkap tentang Tahun Baru Imlek Beserta Tanggal Perayaan di 2023

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x