Kupas Tuntas! Persalinan dengan Pemulihan Lebih Cepat dan Banyak Manfaat Menggunakan Metode ERACS

- 4 Januari 2023, 18:20 WIB
Ilustrasi. Potret bayi sehat menunjang metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery) yang digunakan pada persalinan dengan pemulihan lebih cepat dan memiliki banyak manfaat
Ilustrasi. Potret bayi sehat menunjang metode ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery) yang digunakan pada persalinan dengan pemulihan lebih cepat dan memiliki banyak manfaat /PIXABAY/speedsys

BERITA DIY – Metode ERACS yang digunakan pada persalinan dengan pemulihan lebih cepat dan memiliki banyak manfaat.

Belakangan ini sering beredar istilah persalinan metode ERACS. Hal tersebut didukung banyaknya artis tanah air yang melahirkan dengan menggunakan metode ERACS.

ERACS atau Enhanced Recovery After Cesarean Surgery adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk membantu dan mempercepat pemulihan setelah operasi caesar.

Metode ERACS memiliki kelebihan dibandingkan dengan operasi caesar biasa. Setelah operasi caesar biasa, banyak ibu yang mual karena efek samping obat bius.

Baca Juga: 6 Cara Menghindari Baby Blues yang Sering Dialami Ibu Pasca Melahirkan

Metode ERACS ini menggunakan kombinasi cairan infus dan obat anti mual. Obat-obat yang digunakan mengurangi rasa sakit secara maksimal dan mengurangi rasa mual.

“Praktik metode ERACS ini membutuhkan tim yakni dokter obgyn, dokter anak, dokter anestesi, perawat, perawat di poli, dan perawat di ruangan. Gizi juga harus dipenuhi. Penggunaan obat biusnya digunakan dengan dosis minimal.” ujar dr. Keven Tali, Sp.OG pada Dokter Keven YouTube Channel yang diunggah pada 2 Oktober 2021.

Metode ERACS tidak bisa dilakukan kepada seorang ibu yang memiliki riwayat sakit anemiapreeklamsiaeklamsia, tekanan darah tinggi, atau diabetes tidak terkontrol. Kelayakan menggunakan metode ERACS biasanya akan dinilai dokter pada saat kehamilan trisemester ketiga.

Berikut manfaat dari metode ERACS yang digunakan pada persalinan dengan pemulihan lebih cepat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x