Apa Itu Hari Raya Galungan dan Kuningan? Simak Penjelasan Arti, Makna, serta Jadwal Pelaksanaan di Tahun 2023

- 4 Januari 2023, 15:05 WIB
Ilustrasi. – Simak penjelasan arti, makna, serta jadwal pelaksanaan Hari Raya Galungan dan Kuningan tahun 2023 yang dapat Anda temukan dalam artikel ini.
Ilustrasi. – Simak penjelasan arti, makna, serta jadwal pelaksanaan Hari Raya Galungan dan Kuningan tahun 2023 yang dapat Anda temukan dalam artikel ini. /Freepik.com

BERITA DIY – Setiap tahun umat Hindu akan memperingati Hari Raya Galungan dan Kuningan dengan berbagai rangkaian kegiatan sesuai tradisi yang telah dilaksanakan sejak dulu. Lalu, sebenarnya apa itu Hari Raya Galungan dan Kuningan? Mari simak penjelasan mengenai arti, makna, serta jadwal pelaksaannya di tahun 2023.

Pada tahun 2023, Hari Raya Galungan jatuh pada hari ini, Rabu 4 Januari 2023. Sementara itu, untuk Hari Raya Kuningan akan jatuh pada hari Sabtu, 14 Januari 2023. Perhitungan jarak sepuluh hari ini ditetapkan berdasarkan kalender Bali (Wuku).

Bagi penganut agama Hindu, Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan perayaan hari besar yang sangat penting untuk dilaksanakan. Terdapat rangkaian kegiatan yang akan mereka lakukan pada hari itu untuk merayakan Galungan dan Kuningan.

Makanan yang disajikan pada Hari Raya Galungan dan Kuningan juga sangat beragam dan unik. Biasanya terdapat makanan khas yang selalu ada pada perayaan tersebut, di antaranya yaitu Balungan Kuah, Lawar, dan Jaje Uli.

Baca Juga: 25 Link Twibbon Hari Raya Galungan dan Kuningan Terbaru, Cocok untuk Status atau Foto Profil Media Sosial

Dikutip BERITA DIY dari laman sarimekar-buleleng.opendesa.id berikut ini merupakan arti dan makna Hari Raya Galungan dan Kuningan yang dilaksanakan oleh Umat Hindu.

Arti Kata Galungan dan Kuningan

Kata Galungan berasal dari bahasa Jawa Kuno yang memiliki arti bertarung. Adapula yang menyebutnya dengan ‘dungulan’ yang berarti menang. Perbedaan tersebut hanya terdapat pada penyebutannya saja, yaitu Wuku Galungan (Jawa) dan Wuku Dungulan (Bali).

Walaupun penyebutannya berbeda, Wuku Galungan dan Wuku Dungulan tetap memiliki arti yang sama yaitu wuku yang kesebelas.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x