Benarkah Aturan Gaji Rp5 Juta Kena Pajak? Begini Hitungannya dan Berapa Pajak Gaji Rp5 Juta?

- 2 Januari 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi - Aturan lengkap gaji Rp5 juta kena pajak, begini hitungannya dan berapa besaran pajak gaji Rp5 juta yang dibebankan pekerja atau karyawan.
Ilustrasi - Aturan lengkap gaji Rp5 juta kena pajak, begini hitungannya dan berapa besaran pajak gaji Rp5 juta yang dibebankan pekerja atau karyawan. /Freepik/jannoon028

BERITA DIY - Berikut informasi aturan lengkap gaji Rp5 juta kena pajak, begini hitungannya dan berapa besaran pajak gaji Rp5 juta yang dibebankan pekerja atau karyawan.

Seperti diketahui pemerintah memberikan aturan baru terkait pemberian pajak penghasilan. Termasuk aturan gaji Rp5 juta kena pajak berapa cek di sini.

Perhitungan berapa pajak gaji Rp5 juta hingga aturan gaji Rp5 juta kena pajak selengkapnya cek di sini.

kabar terbaru terkait aturan gaji Rp5 juta kena pajak ini muncul setelah pihak pemerintah dan DPR mengubah batasan penghasilan kena pajak.

Baca Juga: Apa yang Harus Dipersiapkan untuk Melakukan Laporan Pajak Online?

Perubahan peraturan PKP atau penghasilan kena pajak ini terdapat pada Undang-Undang Nomor 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Aturan terkait gaji Rp5 juta kena pajak ini kemudian diperjelas melalui PP Nomor 55 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Pengaturan di Bidang PPh.

Berikut bunyi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 tahun 2022:

"Yang menjadi objek pajak adalah penghasilan, yaitu setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh wajib pajak, baik yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan wajib pajak yang bersangkutan dengan nama dan dalam bentuk apapun"

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x