Pendaftaran Perguruan Tinggi SNMPTN Kini Berubah Jadi SNBP, Cek Pengumuman Kuota Sekolah Tahun 2023 di SINI

- 30 Desember 2022, 15:51 WIB
Ilustrasi Pemerintah kini resmi mengumumkan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023(SNMPTN) yang kini telah berganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).
Ilustrasi Pemerintah kini resmi mengumumkan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023(SNMPTN) yang kini telah berganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). /pexels.com

BERITA DIY - Pemerintah mengubah sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Pengumuman kuota sekolah untuk SNBP 2023 kini tidak lagi disampaikan melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi yang selama ini berjalan tetapi disampaikan melalui Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan.

SNBP adalah sistem baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru yang dibuat Pemerintah dan penilaiannya melihat pada nilai rapor dan prestasi siswa tersebut.

Namun tidak semua siswa bisa mengikuti SNBP. Karena untuk setiap sekolah mempunyai kuota siswa yang memenuhi kriteria tertentu dari masing-masing sekolah atau dikenal kuota sekolah. Oleh karenanya, penetapan kuota sekolah juga berbeda-beda.

Baca Juga: Link Pengumuman Kuota Sekolah SNMPTN 2023 Login snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dan Syarat Siswa Peserta SNBP

Pengumuman kuota sekolah SNBP 2023 juga dapat dicek melalui website resmi npmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Berikut cara cek pengumuman kuota sekolah SNBP 2023:

1. Buka situs resmi npmb.bppp.kemdikbud.go.id pada browser
2. Pilih Kuota Sekolah yang terdapat pada daftar menu di sebelah kiri
3. Cari sekolah berdasarkan lokasi atau nomor pokok sekolah nasional (NPSN) dan ikuti sesuai petunjuk
4. Kemudian cek nama sekolah yang ingin dicari kuota SNBP nya.

Ketentuan kuota sekolah SNBP 2023 dihitung berdasarkan akreditasi sekolah dan jumlah siswanya. Berikut jumlah kuota sekolah sesuai dengan akreditasinya:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x