Kenapa Akhir Tahun Sering Hujan? Penjelasan BMKG dan Potensi Hujan Lebat Saat Tahun Baru 2023

- 30 Desember 2022, 14:28 WIB
Ilustrasi. Penjelasan BMKG kenapa akhir tahun sering hujan, dan potensi hujan lebat saat malam Tahun Baru 2023.
Ilustrasi. Penjelasan BMKG kenapa akhir tahun sering hujan, dan potensi hujan lebat saat malam Tahun Baru 2023. /pxhere/public domain

BERITA DIY - Simak alasan kenapa akhir tahun sering hujan, berikut penjelasan BMKG.

Kenapa akhir tahun sering hujan? Itulah pertanyaan yang sering terlontar dari masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Tak hanya saat akhir tahun 2022, pada tahun 2021 lalu, hujan juga cukup sering turun pada saat akhir tahun. Akibatnya, beberapa daerah mendapat 'hadiah' tahun baru berupa banjir.

Pada akhir tahun 2022 ini hujan mulai intenstitas ringan hingga lebat sering kali terjadi di sejumlah wilayah di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Klarifikasi BMKG Soal Badai di Jakarta 28 Desember 2022: Bersiap Hujan Ekstrem

Simak penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tentang fenomena hujan yang sering terjadi akhir-akhir ini.

Seperti diketahui, pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, Indonesia memasuki periode puncak musim hujan. Hal ini ditandai dengan jumlah curah hujan yang besar di sejumlah wilayah di Indonesia.

Melansir situs resmi BMKG, awal musim hujan 2022/2023 di Indonesia terjadi pada bulan September hingga November 2022. Sementara puncak musim hujan 2022/2023 di Indonesia terjadi pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023. Hal itu tak hanya terjadi di tahun 2022, namun setiap tahunnya jadwal musim penghujan juga tidak jauh berbeda.

Puncak musim hujan adalah periode dimana terdapat jumlah curah hujan tertinggi untuk akumulasi tiga dasarian berturut-turut. Jika tiga dasarian tersebut berada pada bulan yang berbeda, bulan yang dinyatakan sebagai puncak musim hujan adalah dimana dua dasarian tersebut berada.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x