Bolehkah Sholat Dhuha Jam 6.30 Pagi? Ini Waktu Terbaik dan Tata Cara Sholat Dhuha

- 29 Desember 2022, 17:48 WIB
Ilustrasi - Bolehkah sholat Dhuha jam 06.30 pagi? Simak penjelasannya dilengkapi waktu terbaik dan tata cara sholat Dhuha di sini.
Ilustrasi - Bolehkah sholat Dhuha jam 06.30 pagi? Simak penjelasannya dilengkapi waktu terbaik dan tata cara sholat Dhuha di sini. /PEXELS/Ahmet Polat

BERITA DIY - Bolehkah sholat Dhuha jam 06.30 pagi? Simak penjelasannya dilengkapi waktu terbaik dan tata cara sholat Dhuha.

Sholat Dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Ibadah sunnah ini dianjurkan setiap hari dilakukan.

Ada beragam keutamaan melaksanakan sholat Dhuha. Salah satunya yaitu bersedekah atas anggota tubuh.

Keutamaan tersebut disebutkan dalam salah satu hadist yang diriwayatkan Muslim. Berikut bunyinya:

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia, Ini Waktu Pelaksanaan

“Rasulullah bersabda, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua raka’at." (HR Muslim).

Adapun waktu terbaik untuk menunaikan sholat Dhuha yaitu ketika matahari sudah naik 7 hasta hingga sebelum masuknya waktu sholat dzuhur.

Oleh karena itu, bisa saja sholat Dhuha bisa dilaksanakan pukul 06.30 pagi dan bisa saja tidak. Hal ini tergantung pada ketinggian matahari setiap harinya dan lokasi pelaksanaan sholat Dhuha.

Sholat Dhuha bisa dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Tapi bisa juga kelipatannya seperti 4, 6, 8, hingga 12 rakaat. 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x