Kronologi Wisatawan Terjebak di Karimun Jawa, Ini Penyebab, Jumlah Korban dan Langkah Evakuasi

- 28 Desember 2022, 07:20 WIB
Ilustrasi - Ilustrasi -Simak berikut informasi mengenai 305 wisatawan terjebak di Karimunjawa diselamatkan, sebenarnya di mana letak Karimunjawa? Simak penjelasan berikut.
Ilustrasi - Ilustrasi -Simak berikut informasi mengenai 305 wisatawan terjebak di Karimunjawa diselamatkan, sebenarnya di mana letak Karimunjawa? Simak penjelasan berikut. /Pixabay/4311868
BERITA DIY- Sebanyak 305 wisatawan terjebak di Karimunjawa diselamatkan, bagimana kronologi, penyebab, langkah evakusi dan  di mana letak Karimunjawa? Simak penjelasan berikut.
 
Karimunjawa terletak di Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai cantik itu berhasil menggemparkan publik saat ini.
 
Penyebab 305 wisatawan terjebak ini adalah akibat cuaca ekstrem membuat gelombang air laut semakin tinggi, dan kapal penumpang yang tidak bisa beroperasi sesuai jadwal, membuat 305 wisatawan terjebak disana.
 
Dilansir dari Antara.com, Muslikin Camat Karimunjawa mengatakan "ratusan wisatawan yang tertahan itu tiba di Karimunjawa pada Rabu, 21 Desember 2022 sedangkan cuaca mulai buruk pada Kamis, 22 Desember 2022".
 
 
Dalam rangka memberikan pelayanan kepada wisatawan, pihak pemerintah dari Karimunjawa mendirikan posko pengaduan. Untuk memastikan wisatawan tidak ada yang kekurangan bekal.
 
Dari pendataan yang berjalan, bahwa belum ada wisatawan yang kehabisan bekal. Hanya saja wisatawan yang terjebak menginginkan untuk segera bisa pulang.
 
Terkait hal itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, telah berkoordinasi dengan PT Pelni untuk menjemput dan melakukan evakuasi wisatawan yang terjebak di Karimunjawa tersebut.
 
"Saya minta kapal dari Pelni untuk kesana, tapi mereka (wisatawan yang terjebak) saya minta untuk tenang dulu di sana dan sudah diurus. Pak Bupati nya sudah laporan ke kami," kata Ganjar.
 
 
Ganjar juga ingin memastikan, bahwa seluruh wisatawan yang terjebak tidak kekurangan logistik, dan kesehatannya juga masih oke. Sambil menunggu sampai bantuan datang.
 
Untuk menambah informasi, bahwa bulan desember biasanya merupakan musim barat, yang ditandai dengan gelombang laut tinggi didaerah pantai. 
 
Maka dari itu ,Gubernur Jawa Tengah juga mengingatkan masyarakat agar turut mengakses dan memperhatikan peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
 
Demikianlah informasi mengenai 305 wisatawan yang terjebak di Karimunjawa diselamatkan.***

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x