Profil Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG yang Pernah Jadi Rektor UGM: Umur, Pendidikan, dan Karier

- 22 Desember 2022, 18:55 WIB
Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pernah menjabat sebagai rektor UGM.
Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pernah menjabat sebagai rektor UGM. /Tangkap Layar Instagram/@dwikoritakarnawati

BERITA DIY – Simak profil Dwikorita Karnawati, sosok Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang pernah menjabat sebagai rektor UGM.

Lahir di Yogyakarta pada 6 Juni 1964, Dwikorita Karnawati ternyata memiliki cita-cita menjadi seorang guru TK saat masih belia.

Namun, keinginannya berubah setelah mengikuti kegiatan pramuka dan banyak berinteraksi dengan alam. Ia kemudian memilih menekuni bidang Geoligi.

Wanita berusia 58 tahun yang akrab disapa Rita ini berhasil memperoleh gelar Sarjana Teknik Geologi dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 1988.

Baca Juga: Profil Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur yang Kantornya Digeledah KPK, Kasus Apa?

Ia kemudian melanjutkan pendidikan di Leeds University, Inggris dan mendapat gelar Master of Engineering Geology tahun 1992.

Memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap bidang Geologi, Dwikorita kembali menyelesaikan pendidikannya di kampus yang sama dan meraih gelar Ph.D of Earth Sciences.

Mengawali karier sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2014-2017, istri dari Sigit Priyanto ini merupakan rektor wanita pertama di UGM.

Pengalaman profesional yang luas serta latar belakang pendidikan sebagai Profesor Geologi Lingkungan dan Mitigasi Bencana di UGM, Dwikorita aktif mempromosikan dan mengembangkan Sistem Peringatan Dini Multi Bahaya Nasional (MHEWS).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah