Fenomena Solstis Terjadi Tepat di Hari Ibu 22 Desember 2022, Apakah Bahaya dan Benarkah Dilarang ke Luar Rumah

- 21 Desember 2022, 16:21 WIB
Ilustrasi bulan - Penjelasan tentang fenomena Solstis, disertai dengan tanggapan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
Ilustrasi bulan - Penjelasan tentang fenomena Solstis, disertai dengan tanggapan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). /Pixabay/Ponciano

BERITA DIY- Fenomena Solstis bertepatan dengan dirayakannya Hari Ibu di Indonesia. Pada hari ibu, Kamis, 22 Desember 2022, Apakah benar berbahaya dan dilarang ke luar rumah. Cek fakta ini

Apa sebenarnya fenomena Solstis itu?

Dilansir dari media sosial Instagram @brin_indonesia. Sebenarnya Solstis hanyalah fenomena astronomi biasa ketika matahari berada di paling utara atau paling selatan ketika mengalami gerak semu tahunannya.

Menurut informasi yang disampaikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada akun sosial media nya, di Indonesia fenomena Solstis akan terjadi pada tanggal 22 Desember 2022 pukul 04.49 WIB .

Baca Juga: Penjelasan Ilmiah Fenomena Solstis 22 Desember 2022, Benarkah Tidak Boleh Keluar Rumah? Ini Dampak Solstis

Pada unggahan media sosial @brin_indonesia, sontak mengundang rasa penasaran dari netizen, “jadi bahaya atau egk,” kata akun @han***

“Gimana yang cari nafkah kudu keluar rumah,” ucap akun @sier**.

“Dampak Solstis pada manusia tentu tidak berbahaya. Imbauan untuk tidak keluar rumah adalah narasi disinformasi. Solstis adalah fenomena murni astronomis yang mempengaruhi iklim dan musim di bumi,”ujar Andi Pangerang Hasanuddin selaku Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN.

Disebutkan bahwa pernyataan tentang larangan keluar rumah saat terjadi nya Solstis ditampik langsung oleh Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangerang.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x