Apa Itu Stiff Person Syndrome, Gangguan Saraf Langka Autoimun, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

- 9 Desember 2022, 15:36 WIB
Ilustrasi kejang otot. Informasi apa itu Stiff Person Syndrome gangguan saraf langka yang diderita Celine Dion, penyebab, gejala dan cara mengobati.
Ilustrasi kejang otot. Informasi apa itu Stiff Person Syndrome gangguan saraf langka yang diderita Celine Dion, penyebab, gejala dan cara mengobati. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu Stiff Person Syndrome gangguan saraf langka yang diderita Celine Dion, penyebab, gejala dan cara mengobati.

Kabar tidak sedap dari penyanyi legend Celine Dion yang kabarnya mengalami Stiff Person Syndrome banyak diberitakan.

Stiff Person Syndrome membuat Celine Dion juga membuat ia mengalami gangguan seperti kejang beberapa waktu belakangan.

Lalu apa sebenarnya Stiff Person Syndrome ini bahkan membuat pita suaranya berdampak dari gejala saraf langka ini.

Baca Juga: Apa Itu Stiff Person Syndrome? Penyakit Langka Diderita Celine Dion, Ini Gejala dan Penyebab Sakit

Dikutip dari Healthline, Stiff Person Syndrome (SPS) adalah kelainan neurologis autoimun. Seperti jenis gangguan neurologis lainnya, SPS mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat).

Stiff Person Syndrome atau bisa disebut dengan Sindrom orang kaku terjadi ketika sistem kekebalan Anda salah mengidentifikasi jaringan tubuh normal sebagai berbahaya dan menyerangnya.

Spasme karena SPS bisa sangat kuat dan bisa menyebabkan Anda jatuh jika berdiri. Kejang terkadang bisa cukup kuat untuk mematahkan tulang.

Kejang lebih buruk ketika Anda cemas atau kesal. Kejang juga bisa dipicu oleh gerakan tiba-tiba, suara keras, atau disentuh.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x