Tanggal 9 Desember Ada Peringatan Apa? Berikut Sejarah Hari Antikorupsi Sedunia HAKORDIA Diperingati di PBB

- 8 Desember 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi tanggal 9 Desember ada peringatan apa, simak sejarah Hari Antikorupsi Sedunia atau HAKORDIA mulai diperingati.
Ilustrasi tanggal 9 Desember ada peringatan apa, simak sejarah Hari Antikorupsi Sedunia atau HAKORDIA mulai diperingati. /Freepik/rawpixel.com/Freepik

BERITA DIY - Ketahui pada tanggal 9 Desember 2022 besok diperingati sebagai hari apa dalam sejarah dunia? Simak artikel ini untuk tahu ada apa di tanggal 9 Desember.

Besok merupakan tanggal 9 Desember 2022 yang menjadi momen peringatan Hari Antikorupsi Sedunia atau HAKORDIA yang disemarakkan oleh seluruh anggota PBB.

Lantas bagaimana sejarah Hari Antikorupsi Sedunia atau HAKORDIA mulai diperingati?

Hari Antikorupsi Sedunia mulai disuarakan dan diusulkan sejak 31 Oktober 2003 lalu, di mana dalam Sidang Umum para negara anggota menyetujui konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Melawan Korupsi (United Nations Convention Againts Corruption-UNCAC).

Baca Juga: Sejarah Hari Perempuan Internasional dan Perkembangannya dari Waktu ke Waktu

Melalui resolusi 58/4, Majelis PBB kemudian menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional (International Anti-Corruption Day) yang kemudian dikenal sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA).

Sekretaris Jenderal PBB kemudian menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (United Nations Office on Drugs and Crime-UNODC) sebagai sekretariat Konferensi Konvensi Negara Pihak.

Hari Antikorupsi Internasional atau International Anti Corruption Day didasari oleh kesadaran seluruh anggota PBB tentang musuh besar kedaulatan negara adalah memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

Dengan adanya Hari Antikorupsi Sedunia di tanggal 9 Desember ini diharapkan dapat menjadi ajang kampanye bagi seluruh warga dunia akan pentingnya melawan korupsi.

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x