Cara Kerja Obat dan Dosis Fentanil yang Buat Banyak Orang di AS Tewas

- 4 Desember 2022, 14:39 WIB
Ilustrasi. Info cara kerja fentanil, berapa dosis fentanil yang mampu akibatkan kematian dan fentanil masuk golongan obat serta apa bahaya fentanil.
Ilustrasi. Info cara kerja fentanil, berapa dosis fentanil yang mampu akibatkan kematian dan fentanil masuk golongan obat serta apa bahaya fentanil. /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY - Banyak yang bertanya cara kerja fentanil, berapa dosis fentanil yang mempu akibatkan kematian dan fentanil adalah apa masuk golongan apa.

Sejumlah kasus overdosis obat fentanil terjadi di Amerika Serikat khususnya di Los Angeles.

Dikutip dari The Guardian tanggal 30 November 2022, Dinkes LA merilis data jika ada 1.504 orang menderita overdosis fentanil yang fatal pada 2021 atau setahun belakangan.

Lantas apa itu fentanil dan kegunaanya serta dosis obat serta efek sampingnya.

Baca Juga: Obat yang Mengandung Dietilen Glikol DEG dan Etilen Glikol EG di Indonesia, Ini Daftar Obat yang Dilarang BPOM

Apa itu fentanil

Pada dunia medis, fentanil adalah obat pereda rasa sakit (painkiller) yang biasanya diresepukan oleh dokter untuk atasi rasa sakit pada pasien kanker dan nyeri kronis.

Termasuk obat legal yang bisa didapatkan dengan resep dokter, fentanil adalah golongan obat opioid sintetik yang ada dalam bentuk cair atau tablet (pil).

Kemampuan fentanil disebut 50 kali lebih kuat dari heroin dan 100 kali lebih hebat dari morfin.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x