Apa Itu e-Raport Kurikulum Merdeka dan Contoh Rapor PAUD, SD, SMP, dan SMA Sederajat

- 30 November 2022, 16:49 WIB
Ilustrasi. Informasi dan penjelasan apa itu e-rapor atau e-raport Kurikulum Merdeka dan contoh rapor PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat.
Ilustrasi. Informasi dan penjelasan apa itu e-rapor atau e-raport Kurikulum Merdeka dan contoh rapor PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat. /Unsplash/Bayu Syaits

BERITA DIY - Berikut penjelasan apa itu e-rapor Kurikulum Merdeka dan contoh rapor PAUD, SD, SMP, dan SMA sederajat.

Salah satu terobosan dalam Kurikulum Merdeka adalah penilaian rapor yang lebih mudah dan sederhana.

Penyederhanaan penilaian atau rapor itu untuk mempermudah guru dalam mengisi rapor sekaligus sang guru tidak merasa terbebani dengan administrasi khususnya dalam hal asesmen.

Selain itu guru tak lagi dibebankan mengisi berbagai macam penilaian dan hanya nilai akhir saja.

Baca Juga: Latihan Soal UAS PAI Kelas 12 Semester 1 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban, Soal PAS Pendidikan Agama Islam

Nantinya, tiap satu mata pelajaran cukup dibuat satu penilaian akhir dan nilai siswa tidak perlu dirinci dalam laporan pembelajaran siswa (Rapor) yang nantinya akan dikirimkan ke Kemendikbudristek.

Bentuk penyederhanaan rapor itu disebut juga e-rapor. E-rapor atau yang disebut  Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP) ini digunakan untuk menunjang Kurikulum Merdeka.

Aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi / perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komprehensif dan terintegrasi untuk mengembangkan laporan kompetensi siswa (rapor) di satuan pendidikan yang melaksanakan Kurikulum Merdeka, terkhusus sekolah penggerak.

Adapun aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari aplikasi Dapodik sebagai sumber data / referensi dalam mengelola penilaian data di sekolah.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x