Teks Khutbah Sholat Gerhana Bulan 8 November 2022 Singkat serta Bacaan Doa dari Kemenag

- 7 November 2022, 16:00 WIB
Teks khutbah Salat Gerhana Bulan singkat serta bacaan doa dari Kemenag yang bisa dipakai khutbah Salat Gerhana pada 8 November 2022.
Teks khutbah Salat Gerhana Bulan singkat serta bacaan doa dari Kemenag yang bisa dipakai khutbah Salat Gerhana pada 8 November 2022. /Pixabay.com/Grey48

BERITA DIY - Teks khutbah Sholat Gerhana Bulan singkat serta bacaan doa dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia yang bisa dipakai untuk khutbah Salat Gerhana pada 8 November 2022.

Pada 8 November 2022 akan terjadi fenomena Gerhana Bulan Total yang dapat dilihat dari seluruh wilayah Indonesia, sebagai umat muslim ini merupakan salah satu momentum untuk melaksanakan beberapa amalan.

Salah satu amalan yang kerap dikerjakan oleh umat muslim ketika terjadi Gerhana Bulan adalah Sholat Gerhana atau Sholat Khusuf.

Dalam rangkaian Sholat Gerhana tersebut adapun pelaksanaan khutbah yang disampaikan oleh imam Sholat Gerhana kepada para jamaah setelah Sholat Gerhana selesai dilakukan.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Ini Daftar Waktu dan Lokasi Melihat di Seluruh Indonesia

Dikutip dari situs resmi Kemenag yaitu kemenag.go.id, berikut teks khutbah Sholat Gerhana dengan judul "Gerhana Bulan, Tanda Kebesaran Allah".

Khutbah Pertama

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الْــمَلِكِ الْحَقِّ الْــمُبِيْنِ، اَلَّذِي أَرْسَلَ آيَاتِهِ عِبْرَةً لِلْمُعْتَبِرِيْن أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَه إِلَهُ اْلأَوَّلِيْنَ وَالْآخِرِينَ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحمّداً عَبْدُهُ ورَسُولُهُ الْــمَبْعُوثُ رَحْمَةً لِلْعَالَــــمِيْنَ, اللَّهُمَّ صلِّى وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ . أمَّا بَعْدُ

يَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَ نَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ , فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ وَاسْمَعُوا وَأَطِيعُوا وَأَنفِقُوا خَيْرًا لِّأَنْفُسِكُمْ ۗ وَمَنْ يُوقَ شُحَّ نَفْسِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x